Mengurus KTP sementara

Ini pengalaman pertama saya mengurus ktp sementara.
Tanggal dan tempat kejadian : Bandung, 20 april 2012.
Mudah mudahan masih up-to-date. Tapi karena sekarang sudah ada yang namanya e-ktp (yg katanya berlaku seantero indonesia), jadi kurang tahu juga apakah ktp sementara ini masih diperlukan atau tidak.

Latar belakang saya mengurus KTP sementara ini adalah agar dapat menggunakan askes untuk berobat. Mengingat askes saya bukan dari bandung, pas tanya ke mbak-mbak yang di rumah sakit, katanya urus pindah puskesmas dulu. Meskipun saya sudah lebih dari 4 tahun tinggal di bandung, ternyata saya masih belum punya dokumen resmi yang menyatakan saya berdomisili di kota ini. Paranoid sendiri, akhirnya saya bergegas mengurus KTP sementara sebagai bukti domisili saya. Padahal ternyata, pada akhirnya cukup dengan kartu mahasiswa saja prosedur pindah puskesmas sudah cukup. Ya, ambil hikmahnya saja, setidaknya sekarang saya jadi bisa tahu proses mengurus ktp sementara, dan saya punya ktp sementara yang berlaku sampai 2013 (bentar banget -_-‘) yang bisa saya pergunakan kalo kalo diperlukan nanti.

—————————-

Langsung ke prosedurnya :
1. Datangi pak RT di lokasi kostan. Nah disini, minta surat pengantar untuk membuat ktp sementara. Bawa fotokopi KTP. Intinya mah, cuma isi formulir data diri, sama minta ttd pak RT di surat pengantar itu.
2. Dengan membawa surat pengantar tadi, datangi pak RW. Minta ttd pak RW dan cap RW di surat pengantar itu. Tambah ngobrol-ngobrol sama pak RW juga, berhubung ini pertama kalinya saya bertemu (dan tahu) pak RW…haha. Kedua prosedur ini selesai dalam satu malam, asalkan pak RT dan RW nya ada di rumah saja.
3. Ke kantor kelurahan. Disini membawa surat pengantar tadi, fotokopi Kartu Keluarga (KK) penjamin (bisa ibu kost) pas foto 2×3, sama uang 10ribu rupiah untuk biaya administrasi. Disini diberikan formulir pembuatan KTP sementara, kita isi, kemudian di cap sama kelurahan. Prosesnya sebentar kok, sekitar 15 menit saja. Asal persyaratannya lengkap.
4. Ke kantor kecamatan, meng acc formulir yang dibawa dari kantor kelurahan
5. Ke dinas kependudukan (kalo di bandung itu lokasinya di belakang BIP, dekat markas tentara-tentara itu). Menyerahkan semua berkas, lalu kita diberi tanda pengambilan. KTP sementara akan selesai dalam waktu 1 minggu, tanpa biaya.

Selanjutnya tinggal menunggu 1 minggu dan kembali ke dinas kependudukan untuk mengambil KTP sementara. Selesai.

———————————

Kalau diringkas,
Syarat : fotokopi KTP, fotokopi KK penjamin, pasfoto 2×3, uang 10.000
Alur : RT -> RW -> Kantor Kelurahan -> Kantor Kecamatan -> Dinas kependudukan

——————————–

Sampai sekarang saya belum pernah menggunakan KTP sementara saya, jadi saya masih bingung fungsinya untuk apa. Kalau butuh KTP (seperti di bandara dll) saya masih tetap pakai KTP asli. Akhirnya nasib KTP sementara saya sekarang hanya menunggu masa hidupnya berakhir beberapa bulan lagi, setelah tintanya blur karena kena air (nasibmu nak..nak..)

8 thoughts on “Mengurus KTP sementara

  1. Kalau diringkas,
    Syarat : fotokopi KTP, fotokopi KK penjamin, pasfoto 2×3, uang 10.000 ???

    foto copy KTP siapa mas , kan KTP asli belum dapet ?

  2. sebaliknya saya mengurus KK dan KTP sejak agustus lalu belum selesai juga. Pihak kelurahan maksa minta uang sebesar Rp. 300.000 untuk administrasi tapi saya juga ngotot utk minta perincian biaya dan bukti kutansi yang mereka tolak. Mereka malah bilangnya ” ibu kalau gak mau bayar KTP dan KK ibu kami tahan di kelurahan” Sedangkan saya juga butuh keduanya untuk banyak mengurus keperluan. Ke mana saya harus melapor??

    • Itu kerjaan OKNUM setan mba…mending laporin polisy aja biar ditindak. gimana baiknya ( iya kalau sama polisinya ga dimintain duit) yangjels itu perbuatan tidak menyenangkan dan melanggar hukum karena seharusnya gratis.

  3. saya sudah 1 tahun lebih menunggu tapi tuh KTP E belum jadi2 juga, pihak kelurahan beralasan KTP nya belum jadi, semuanya langsung dari pusat jadi harus sabar, sabar, dan sabar…. buseeet sampe kapan nunggunya parah amat. apa memang proses pembuatannya seperti itu ???

Leave a Reply

