Menginap di sekitar UI depok

Sebenarnya, kejadian saya menginap di sekitar UI sudah cukup lama berlalu. Waktu itu, bulan Desember 2012, saya ke UI depok karena ada conference, berdua dengan rekan satu tim.
Nah, karena secara tiba tiba dan mengejutkan sekarang kakak saya mau mendaftar S2 di UI, dan sebentar lagi akan tes disana. Jadilah saya harus memflashback lagi kenangan saya ketika berada disana 4 bulan lalu untuk memberikan referensi kepada kakak saya akan kerasnya hidup di kota depok (halah).
Ya nyambil-nyambil, mending sekalian ditulis aja, manatau ntar perlu lagi..๐Ÿ™‚

Akses dari bandara ke daerah sekitaran UI.

1. Naik taksi dari bandara.
Ini opsi paling praktis, cuma pilih2 aja taksinya yang terpercaya. Kalau biayanya berapa, jangan tanya saya, karena saya tidak menggunakan opsi ini.๐Ÿ˜›

2. Dari bandara naik DAMRI ke pasar minggu (bayar 20 ribu), terus sambung naik kereta (commuter) ke depok, bayar 8 ribu, dan turun di stasiun UI.
Saya menggunakan cara ini atas rekomendasi teman saya yang dulu kuliah di UI. Sayangnya, waktu itu saya lagi apes banget. Turun damri ujan gede, dan ga bawa payung. Udah sampe kereta, padatnya bukan main lagi, orang semua (yaiyalah, masak kucing), saya pun terjepit dari berbagai arah..๐Ÿ˜ฅ
Tapi Alhamdulillah, saya sampai dengan selamat.

Tempat penginapan di sekitar UI depok.

peta penginapan UI

1. Wisma Makara
Ini wisma letaknya di dalam kampus UI.
Tarif : 200.000/malam
Telp : 021 78883672
Menurut saya waktu itu, ini adalah tempat menginap yang paling ideal. Secara acaranya juga di UI. Tapi sayangnya, ketika saya dengan niat berapi api ingin mereservasi kamar disana, ternyata sudah penuh. Jadi saya tidak tahu bagaimana suasana di tempat penginapan itu.

2. Penginapan pusat studi jepang
Ini juga berada di dalam kampus UI
Tarif : 120.000/malam (yg paling murah)
Telp : 021 7863547
Menurut saya waktu itu, ini adalah tempat ideal kedua, tapi ternyata sudah penuh juga.๐Ÿ˜ฅ

update: tarif paling murah sekarang Rp. 250.000/malam (Firda Lee, 25 Oktober 2014)

(update 14 April 2013)

Akhirnya kakak saya memutuskan menginap disini, karena tempatnya yang benar2 di pusat UI. Tapi, karena kamar yang murahnya sudah penuh, kakak saya dapat yang tipe ‘mansion’ gitu. Jadi ada kamar, dapur, kamar mandi, udah kayak rumah kecil aja. Harganya 350.000/malamnya. Katanya agak horor sih, rumahnya kayak rumah kuno, dan nyari makan lumayan susah. Tapi, posisinya yang benar2 di pusat UI menjadi sangat membantu terutama untuk tempat penginapan tes.๐Ÿ˜€

3. Hotel Bumi Wiyata
Letaknya di Jl. Margonda Raya. Bisa dibilang cukup dekat ke UI. Naik sekali angkot, jalan-jalan dikit, sampe.
Tarif : 555.000/malam
Telp : 021 7778040
Meskipun saya tidak menginap disini, tapi saya sempat mampir kesini. Dan, kalo kata saya, ini termasuk hotel yang waw sih, jadi wajar saja harganya segitu..hehe

4. Hotel Mutiara Kelapa Dua Depok
Lokasi: Jl. Akses UI No.100 Cimanggis, Depok. Katanya sih ke UI 1 kali naik angkot juga.
Tarif : lupa, kalo ga salah sekitar 300an ribu juga
Telp : 021 8726368
Awalnya saya sudah sempat memesan hotel ini, karena udah ditolak di dua tempat penginapan sebelumnya. Tapi, karena satu dan lain hal, akhirnya saya tidak jadi menginap disana. Reservasinya juga saya batalkan.

5. Hotel Sifaana
Lokasi: Jl. Margonda Raya No.246 Depok.
Tarif : 350.000/malam
Telp : 021 77203474
Ini tempat saya menginap di hari kedua. Ke UI tinggal naik sekali angkot, terus jalan kaki menyusuri lorong2. Hotelnya sederhana dan cukup bersih. Ber AC, ada tv, dan ada air hangatnya juga sebenarnya, tapi yang di kamar saya waktu itu lagi rusak, minta pindah kamar, katanya yang lain juga pada rusak -__-. Akhirnya saya mandi air dingin, untungnya depok kotanya panas, jadi ga begitu masalah..hehe. Oiya, sarapan juga tidak disediakan. Dan menurut saya, disekitar sana agak susah nyari sarapan. Jadinya sarapannya di UI deh waktu itu.

6. Kost-kostan di sekitar UI
Wilayah yang saya jajaki ada di daerah belakangnya stasiun UI. Ada beberapa kost-kostan yang mau nerima per hari. Waktu itu saya sempat nemu yang bisa 100 ribu untuk 2 hari. Tapi saya tidak jadi kesana dengan berbagai pertimbangan. (Haha, sok banyak pertimbangan)

Dan yang terakhir,
.
.
.
Save the best for the last….
Taraaaaa……

7. Warnet..hehe
Inilah tempat menginap saya di hari pertama. Tempatnya di jl. Margonda Raya juga. Saya lupa nama warnetnya.
Fasilitasnya superlengkap, AC dan full internet access. Dan tarifnya luar biasa murah, cuma 10.000 dari malam sampe pagi. Ditambah penjaga warnetnya yang baik, jadi saya numpang mandi juga disana…haha๐Ÿ˜†
Kekurangannya cuma ga ada kasur (ngarep apa), jadi harus belabelain tidur sambil duduk.
Saya tersesat disini karena, waktu sampai depok itu udah malam banget, dan saya sangat butuh komputer dan internet saat itu. Jadi udah aja, saya cari warnet yang 24jam, dan ternyata kebetulan sekali ada paket semalam suntuk nya..:mrgreen:
Tapi mungkin kakak saya tidak akan mengambil opsi ini…haha

Sekian pengalaman saya, semoga bermanfaat.

67 thoughts on “Menginap di sekitar UI depok

  1. buseet.. maaf kalo yang paling dekat sama fisip UI apa ya?? soalnya mau ada acara buat november nanti dan belum tau penginapan2 disana๐Ÿ˜ฅ

  2. numpang tanya, itu yang kost2an perhari 100rb di beji depok deket mana yah? minta alamat lengkapnya donk. soalnya pengen coba2 ngekost.

    • Di belakangnya stasiun UI mas (itu di peta nya juga ada..hehe). Disana ada banyak banget kos-kosan, ada yang tahunan, bulanan, harian juga ada.

      • Wah, ga inget juga namanya.. emang beberapa kosan ada namanya sih, tapi kebanyakan yg saya temui bisa perhari waktu itu justru tanpa nama…haha
        Kurang tau juga untuk yg perbulannya berapa…

    • Kalau mau ngekost saya sarankan ambil yg di dekat jl margonda lebih dekat ke ui atau ke mall untuk belanja kebutuhan, kalau yg di belakang ui (beji atau kukusan) akses transport akan sedikit susah.
      Bila msh bingung bisa kontak sy, sy saat ini tinggal di depok sdg study s2, walaupun kuliah sy di ui salemba. Semoga bs membantu teman-teman

  3. maaf mas, hotel/wisma yg dekat dengan balai sidang UI apaan ya? ada acara bulan juli ni, infonya ya mas, thanks before

  4. wkwkwk… anjrit, parah bgt nginep dwarnet. asli, bgitu bkesan pasti yaa… saya pernah hampir bgitu waktu mau tes di uns solo. untung, di detik2 terakhir dpt mhub temen sma yg kbetulan tinggal dsolo. g jadi deh..๐Ÿ˜€

    • Mungkin tergantung dapetnya yang mana juga kali ya. Kalo yang diceritain kakak saya, karena dia dapet tipe “mainson” gitu jadinya agak horor (kuno sih lebih tepatnya..hehe). Mungkin kalo yang kamar aja ngga.๐Ÿ˜€

  5. Maaf sebelumnya, saya cuma mau share doang, siapa tau butuh hehe

    Disewakan Kamar Perhari di Apartemen Margonda Residence.
    Harga : Rp. 175.000,- per hari
    Fasilitas : AC, Kulkas, TV, Tempat Tidur (King Size), Kamar Mandi, Full Set Kitchen, Lemari dan Meja Belajar. Dekat dari Universitas Indonesia, Margo City, akses langsung jalan Margonda Raya Depok. Ada Kolam Renang, ATM center, Tennis Court, Jogging Track.
    Hubungi : Liza (085810884055 / 7567E0DB)

      • Kak penginapan pusat studi jepang it utk mahasiswa UI ya?
        Penginapan it selalu penuh ya? Gimana caranya dpt penginapan d sana utk harian?apa harus pesen jauh2 hari

        Makasih infonya

      • kalo jalan kaki dari pondok cina ke wisma makara dan pusat studi jepang berapa menit kak? maap kak tanya lagi soalnya gk tau, sy dri lampung kak hehee…

      • Kalo naik kereta, turunnya di stasiun UI aja, jalan kaki ke wisma makara kurang lebih 20menitan, kalo ke pusat studi jepang kayaknya sekitar 10-15menit..

  6. Selamat Pagi,
    Perkenalkan saya muhammad satrio dari ITS, mau tanya kami berencana melakukan Kunjungan ke Fasilkom UI sekitar 20-35 orang, punya referensi mengenai penginapan yang pas, kami menginap sekitar 1 malam saja, Terima kasih๐Ÿ™‚

    • Wah kalau untuk rombongan kurang tahu juga saya mas. Tapi mungkin wisma makara bisa dicoba, kelihatannya biasa dipakai untuk penginapan ketika ada acara-acara tertentu di UI (CMIIW).

  7. Mohon info untuk penginapan yang dekat dengan Fakultas Ilmu Budaya UI dong.. Terus transportasinya dari Jl. MT. Haryono, Jakarta Selatan menuju kampus UI depoknya bgmn ya? Terima Kasih infonya yaa…

    • waduh mohon maaf mas andry, saya bukan orang jakarta, dan ke UI juga waktu itu cuma berkunjung..hehe
      Kalo penginapan yang dekat UI depok, seperti yang sudah saya tuliskan di atas, yang paling dekat (di dalem area kampus), yang pusat studi jepang itu

    • wah, ini mau tes bnp2tki ya mas? x)) sama nih, tapi kayaknya prefer cari yang di luaran aja deh, habis diongkos kalo 200rb lebih per hari, hehe..

    • penginapan yg deket sama FIB UI ada pusat studi jepang, cuma mungkin tarif per harinya lebih mahal, mungkin bisa nyari kost-an di sekitar stasiun UI yang tarif per harinya lebih murah. Kalo dari MT Haryono ke UI Depok aksesnya gampang bgt kok, tinggal naik commuter line via cawang/tebet trus turun di stasiun UI.

  8. @anv: ahahaha… bener bgt… tapi, paking engga udah punya gambaran buat cari2 tempat buat nginep.. klo mau hemat kynya plg bagus nginep di warnet itu deh ya.. :))

  9. maaf mengganggu mba, q boleh minta nomer hp yg puny blog ne???mohon konfirmasinya penting banget q butuh banget, invate pinq ya 73DAC364

  10. Yang mau tes tgl 14 juni 2015 di fakultas ekonomi ui
    bareng yuuu…๐Ÿ™‚ 089643695926 (me)
    belum dapet temen ni๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

  11. Maap nmpang tnya,sy bth penginapn murah yg deket jl margonda,apa nmanya n ada prsyaratan khusus gk buat bokingnya,mksi

  12. Halo, bisa tolong informasinya untuk penginapan kamar kost harian di lokasi dekat dengan Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia Kampus Baru Depok untuk tanggal 17 ? Terimakasih

  13. Pingback: Trip Barat Laut – Day 1 : Karuizawa | an afterthought

Leave a Reply

