Studi Eksperimental Pembangunan Peta Lingkungan dengan Metode Penjejakan Posisi Menggunakan GPS

Tenang-tenang, saya tidak bermaksud membuat tulisan ilmiah dengan kata-kata ngejelimet pada tulisan saya kali ini. Saya hanya sedang terobsesi dengan judul-judul keren dari paper-paper ilmiah, maka lahirlah judul seperti di atas. Udah cukup keren kan? haha😆

Jadi ceritanya, saya baru download aplikasi android bernama RunKeeper, yang menurut saya keren parah banget. Aplikasi ini sebenarnya peruntukannya untuk olahraga seperti lari, sepeda, mendaki gunung lewati lembah, dll. Jadi nanti bisa ketahuan rute jalan kita gimana, jaraknya berapa, terus kalori yang kebakar berapa. Meskipun saya sama sekali tidak berniat menggunakan aplikasi ini untuk olahraga (boro-boro), tapi fitur pelacakan rutenya, menurut saya, sangat menarik.

Nah, berhubung beberapa hari yang lalu saya ke semarang dengan niat membolang dan bersenang-senang setelah bebas dari perasaan terkekang oleh sidang (haha.. :lol:), fitur pelacakan rute ini sangat saya butuhkan. Dan akhirnya aplikasi ini pun menemani perbolangan saya di semarang😎

jalanjalan1 jalanjalan semarang

Berbekalkan GPS, aplikasi ini lumayan sangat akurat membuat rute yang saya lalui pada peta yang tersedia di GoogleMaps. Bahkan pas masuk masjid pun ke track juga dong (ini saya lupa matiin aplikasinya waktu itu..haha)

masuk masjid

Pas pulang dari semarang ke bandung, saya juga jalanin aplikasi ini. Kan keren, punya peta real dari semarang ke bandung pake bis.  Tapi sayangnya, konsumsi baterainya terlalu besar, jadi terpaksa saya matikan sebelum sampai di bandung..😥

rute semarang-bandung

Dari dulu, saya sebenernya pengen banget bikin peta gang-gang cisitu yang udah kayak labirin itu. Sepertinya dengan bantuan aplikasi ini, keinginan saya akan dapat segera terwujud:mrgreen: . Ini prototype rute beli makan dan ambil laundry..hehe

rute cari makan

Hayo, yang tinggal di cisitu, tau ga itu kantin sama laundry apa? hehe🙄

——————————-

Tuh, beneran bukan tulisan ilmiah kan. Meskipun begitu, sebenarnya saya menggunakan judul yang sangat representatif lho, kan saya memang melakukan eksperimen pembuatan peta pake GPS, hasilnya ditampilin lagi..hehe😆.
Maaf jika ada bapak/ibu/saudara/saudari yang terjebak di tulisan ini saat mencari referensi ilmiah😕

One thought on “Studi Eksperimental Pembangunan Peta Lingkungan dengan Metode Penjejakan Posisi Menggunakan GPS

Leave a Reply

