Reparasi Koper

Alkisah sejak 3 tahun yang lalu, saya memiliki koper yang super gede, ukurannya 28″ mungkin. Dulu saya beli buat jalan-jalan sama yaqut. Muatan koper ini buanyak banget. Bahkan sewaktu jalan-jalan dengan yaqut, berkat koper ini, saya jadi banyak ngebawa barang yang ga perlu, yang akhirnya ga kepake juga disananya😆

???????????????????????????????

Setelah itu, sampai sekarang, dia selalu menemani hidup saya, mengisi relung-relung kamar kosan saya (mempersempit tepatnya, secara signifikan! gedenya ga ketulungan soalnya). Tak jarang ia dituduh lemari, mesin cuci (ya kali saya mau nyuci di dalem kamar -__-“), penyeludupan, nyimpen orang, dan lain sebagainya. Tapi biarlah apa kata orang, tak usah diambil pusing, saya sudah terlalu pusing dengan kesempitan kamar saya karena koper itu!👿

Saya tidak menyimpan dendam apa-apa sama koper ini, sungguh. Tapi, tanpa saya sadari, saya telah beberapa kali menganiayanya (bukan gangguan psikologis kok, jangan kira saya dikamar tiba-tiba maki-maki trus mukul-mukulin sambil banting-bantingin koper kayak mamanya neneh).
Berhubung 3 tahun terakhir ini saya tinggal berpindah-pindah, dimana setiap kali pindah saya harus membawa seabrek barang-barang koleksi saya yang sudah dikumpulkan bertahun-tahun di bandung, jadilah koper ini sebagai andalan saya. Apapun jenis barangnya, tinggal saya masukkan saja ke koper dan diseret ke tempat yang baru. Melewati jalan-jalan tikus di cisitu yang sempit dan penuh lobang, saya dengan santai menyeretnya tanpa beban. Bahkan pernah juga saya taroh lemari diatasnya, capek kalo digotong soalnya…hahaha *parah*

Walhasil, rodanya yang berdiameter tak sampai 10cm itupun tak sanggup lagi menerima semua ini. Awalnya tulangnya (cakram rodanya itu) ada yang keropos, terus bentuk rodanya jadi elips dan mulai jalan “gujlek gujlek”, sampai akhirnya seluruh cakramnya (yang cuma dari plastik itu) hancur semua, dan hilanglah sebelah rodanya. Sementara roda satunya lagi mulai mengalami gejala yang sama. Nah, di titik ini, saya mulai menyadari arti sebuah roda bagi koper (dan betapa kejamnya saya selama ini kepadanya).😥

Mengingat dalam waktu dekat saya memerlukan koper ini lagi untuk berpergian, saya pun tunggang-langgang mencari tempat memperbaikinya, yang ternyata TIDAK MUDAH!
Saya pernah membawanya di tempat reparasi di bandung (waktu itu di Istana Plaza), tapi tidak bisa. Isunya sih ada lagi di daerah cibaduyut, tapi jauh beut.
Kemudian saya bawa koper ini ke kampung halaman, di jambi, dan saya jelajahi seantero jambi, namun tidak saya temukan juga tempat memperbaikinya.
Saya pun mulai berfikir, reparasi ini adalah ide yang absurd (yang disokong oleh teman saya ketika saya bertanya info tempat benerin koper), dan mungkin lebih baik saya beli yang baru saja. Tapi, mahalll cuy. Dan koper saya ini rusaknya cuma roda doang, yang lain masih berfungsi sempurna, sayang.😕

Berhubung saya ada suatu urusan di jakarta kemarin, sekalianlah saya cari tempat reparasi koper di jakarta yang (katanya) ada banyak.
*yak the story starts here* (panjang banget latar belakangnya ya :D)

===========================

Tempat dan waktu kejadian : Jakarta, 29 Agustus 2013

Diawali dengan browsing-browsing tempat reparasi koper, akhirnya saya menemukan beberapa tempat yang (sepertinya) cukup dapat dipercaya. Ini link nya:
Stop N Go : http://stopngo.co.id/outlet
Captain Fix : https://www.facebook.com/captainfix/info
Laba-Laba : http://www.labalaba.co.id/id/content/toko-kami

Dari sekian banyak cabang, saya putuskan hanya akan menjajaki 3 tempat saja yang dekat dengan tempat saya berurusan . Sebelumnya, saya sudah menelepon ketiga tempat ini untuk memastikan mereka bisa memperbaiki roda koper.

reparasikoper

1. Stop N Go cabang Giant Semanggi
Alamat : Giant Semanggi, Jl. Jend Sudirman Kav 50 Jaksel
Telp : 021-25536237
Letaknya di Plaza semanggi (pas disimpang semanggi yang kriwil-kriwil itu). Di lantai paling bawah plaza ini ada Giant, nah Stop N Go ini berada tepat di pintu masuknya Giant itu.
Kesan pertama, saya tidak melihat ada tanda-tanda kehidupan koper disini, justru banyakan pajangan part-part sepatu. Saya pun mendekat dan mas-masnya langsung menghampiri, melihat koper saya, dan menjelaskan kalau mereka bisa, tapi barangnya di order dulu, sekitar 3 hari (padahal saya di jakarta cuma sehari). Terus mereka nunjukin katalognya ke saya, ngeliatin barangnya, yang ternyata roda+trolinya sepaket, gabisa terpisah. Harganya Rp. 250.000. Hadeuh, agak ga penting banget, toh pegangan koper saya masih baik baik saja, masa mo diganti juga. Nanti dulu deh.

2. Laba-Laba Cikini
Almat : Jl. Cikini Raya No.85
Telp : 021-31937587
Jam Kerja : 08.30-17.00
Sebenarnya toko ini merupakan destinasi terakhir saya. Tapi saya tidak jadi kesini, karena sudah menambatkan hati pada yang lain *tsaah*. Saya hanya sempat menelepon, katanya bisa benerin roda koper, dan waktu pengenjaannya 3-4hari (ini yang agak annoying). Harganya, tergantung kopernya, musti dilihat dulu.

3. Captain Fix Ambassador
Alamat : Mall Ambassador Lobi utama Lt.6 No.68 (sebelah dunkin donnut)
Telp : 021-57939562
Jam kerja : 10.00-20.00
Petualangan kedua saya dilanjutkan kesini. Sewaktu melihat tokonya, wah, ada banyak koper yang dibungkus plastik (teryata toko ini juga bisa membuat cover untuk koper). Part-part koper pun saya lihat cukup banyak di toko ini.
Koper saya langsung diperiksa, dan mereka menyimpulkan, kedua rodanya harus diganti. Ga cuma roda tok aja, tapi emang sepaket roda dan tempat-tempatnya, soalnya tempat rodanya juga udah hancur terkikis, karena sering saya paksain jalan tanpa roda. Harganya Rp. 200.000. Tetep mahal (banget), ditawar ga mau lagi, heu. Tapi dia menjanjikan bisa selesai besoknya (saya datengnya sore padahal). Well, yasudahlah, daripada beli baru kan berkali-kali lipat lagi biayanya, plus saya juga udah kecantol sama toko ini, (dengan masih merasa nyesek sama harganya) akhirnya saya iyakan.
Besoknya, jam 10 saya telpon, udah beres katanya. Hasilnya lumayan (walaupun masih sebel sama harganya), sekarang koper saya bisa berfungsi dengan baik lagi, yeiy. Dia bilang ada garansi 1 bulan (apa saya pake buat gotong lemari aja ya sebelum satu bulan ini…haha *carimasalah*)

Yap, dan begitulah cerita ini berakhir. Jadi, mari kita rawat barang-barang kita dengan baik. Jangan sampai dia mengerjakan hal yang tidak pada fungsinya, karena hanya kerusakan yang akan timbul. Kalo udah rusak konsekuensinya berat (mahal tepatnya).
Well, manusia pun kalo ga hidup menurut fungsinya, juga bakalan rusak dan menanggung konsekuensi yang berat kan?
Mari berfungsi dengan benar..hehehe😀

10 thoughts on “Reparasi Koper

  1. Di summarecon , ada mr.reapir juga itu juga sangat direkomdasikan , pelayanan nya cepat dan bagus , profesionall kok😉

  2. Iya gan,service roda koper emang afgan bgt…2hr lalu sy cek di laba2 panglima polim 1koper(4roda) dikenain hrg 650rb!padahal cm 4 roda nya aja ngak pake handlenya(cos koper yg plastik)+paling cpt 1minggu br selesai…padahal wkt bl hrg kopernya cm 700rb( tahun 2007 sih).mending bl koper yg br aja deh,akhirnya plg sambil ngelus dada+bete.
    Capeee dehhhh…

    Di bekasi ada gan stop n go di Giant Bekasi Hypertmart.

  3. Ane ada referensi tempat reparasi koper juga nih gan. selain reparasi nyedianin laundry koper dan sarung koper ada jasa antar jemputnya juga lagi (gak usah pegel2 nenteng2 koper lagi buat di reparasi).
    untuk harga ane rasa cukup terjangkau di banding 3 toko yang agan sebutin. namanya quadran plus.
    coba langsung cek websitenya aja gan http://quadranplus.com/

  4. Unyu2 ceritanya…
    sama nich pny masalah. Roda koper ilang sebelah disaat koper br turun dr bagasi pesawat. Kasar amat mas2nya yg turunin koper.
    Maunya sih lgsung ke laba2. Tp syg nya ya dsini g ada info ttg hrg di laba2.
    Tp(◦ˆ⌣ˆ◦) ŧέngķўμ. Ya infonya.

Leave a Reply

