Keep Clean

Ada hal menarik di rumah yang saya tinggali sekarang. Karena rumah ini statusnya adalah asrama kampus, jadi pengelolanya pun sering ikut campur tangan dalam menjaga keberlangsungan rumah ini. Salah satunya adalah dengan melakukan patroli.
Seminggu sekali, akan ada petugas yang memeriksa setiap rumah dan mereka akan menempelkan stiker bertuliskan “keep clean” di tempat yang dirasa kurang bersih.
Rumah saya juga pernah mendapat stiker ini dulu, di shower room, karena ada banyak rambut yang menutupi saluran airnya..haha😛

Ketika mendapat stiker seperti ini, bisa saja kita merespon dengan sangat defensif. Misalnya,
“ah, dia kan tidak melihat rumah kita secara keseluruhan, tempat lain pada bersih kok. Kenapa malah mempermasalahkan hal kecil itu.
Lagian dia juga ga bertanya ke kita kan kenapa tempat itu terlihat kayak gitu, tidak ada crosscheck, tapi sudah seenaknya menyimpulkan rumah kita kotor.”

bla bla bla, dan lain lain

Tapi, apakah ada gunanya berfikir seperti itu?
Yang ada kita hanya akan stuck dengan kondisi kita sekarang, tak mau berubah menjadi lebih baik, dan yang ada kita hanya akan menumbuhkan kebencian ke petugas yang menilai rumah kita kotor itu.

Saya tidak ingin membenci petugas kebersihan itu (yaiyalah, emang saya siapa..hahaha😆 )
Justru, sebenarnya saya sangat beruntung, karena adanya mereka.

Terlepas dari siapapun mereka, apapun latar belakangnya,
terlepas dari tahu atau tidaknya mereka dengan kondisi saya,
terlepas dari apakah mereka melihat parsial, atau menyeluruh,
terlepas dari benar atau tidaknya penilaian mereka menurut saya,
tapi itulah yang mereka tangkap dari rumah saya.
Bagaimanapun, dari penilaian itu, pasti ada sesuatu yang bisa saya koreksi, ada sesuatu yang bisa saya lakukan untuk membuat rumah saya lebih baik, karena saya (err, rumah saya) tidak sempurna, jauh dari sempurna.
Bukan untuk mengimpress mereka, tapi untuk kehidupan rumah saya yang lebih baik.

yeiy, mari bersih bersih..😀

*mudah-mudahan ga omdo
**btw, sayang saya ga punya foto stikernya, udah beberapa minggu ini saya ga pernah dapet stiker itu lagi😉

One thought on “Keep Clean

Leave a Reply

