Roti

Wah, sudah 2 minggu saja saya menelantarkan blog ini. Heu..๐Ÿ˜ฅ

Baiklah, sekarang saya ingin sedikit bercerita tentang roti, khususnya roti tawar.
Kenapa roti tawar?
Karena saya suka sekali dengan makanan yang satu ini, bahkan mungkin sudah masuk ke level ketergantungan kronis. Bagi saya, roti tawar adalah kehidupan itu sendiri, tidak terpikir bagaimana saya dapat hidup tanpanya.. *lebay*๐Ÿ˜†

Saya termasuk tipe-tipe yang susah menerima makanan berat di pagi hari (kecuali kalo sahur sih). Masalahnya, kalo ga makan pagi, jadilah saya sempoyongan seharian (ni anak maunya apaaacoba). Nah, roti tawar adalah ultimate solution bagi saya, karena dia bukan nasi, berenergi, mengenyangkan, dan yang paling penting : praktis. Roti tawar juga sangat berguna kalau saya begadang malam-malam kemudian lapar tiba-tiba. Daripada memasak dan bikin rusuh serumah, roti tawar adalah solusi yang cerdas dan bersinergi. That’s why.๐Ÿ˜Ž

Di jepang sendiri, mencari roti tawar ini susah-susah gampang. Kenapa? karena beberapa komponen ingredient roti tawar disini mengandung bahan-bahan meragukan, bahkan haram. Jadi harus pandai-pandai memilih juga mana roti tawar yang boleh dimakan, mana yang sebaiknya dihindari. Meskipun sebenarnya pandangan muslim disini terkait makanan ada beragam juga, yaa, setidaknya mungkin saya lebih ke berbagi pengalaman saja lah ya.
Jadi saya mau me-list roti-roti yang pernah mengisi hari-hari saya disini.

Update Feb 16 : Akhirnya saya membuat page khusus untuk merangkum makanan muslim friendly, khusus untuk roti, silakan lihat disiniย 

1. Roti Tawar Pasco
OLYMPUS DIGITAL CAMERARoti ini sangat gampang ditemui. Ada di OK store, Seven Eleven, dan beberapa supermarket lainnya. Harganya (kalau tidak salah) sekitar 130an yen. Roti ini menemani saya ketika awal-awal saya berada disini. Menurut page serijaya, roti ini bisa dikonsumsi berdasarkan ingredientsnya. Selain itu, saya juga memperhatikan list alerginya, dan produsen roti ini menjamin kalau produknya tidak mengandung daging babi, ayam dan sapi, dan tidak menggunakan gelatin juga. Setahu saya produsen2 di jepang sangat berhati-hati kalau menyangkut masalah alergi ini. Sehingga waktu itu saya merasa cukup aman mengkonsumsinya.
Hingga datang suatu hari ketika saya mengeksplore page-page tuntunan makanan “halal” lainnya, ternyata menurut page Halal Japan produk ini tidak terbebas dari perbabian saat pemrosesannya. Kurang mengerti juga maksudnya seperti apa, tapi dengan alasan kehati-hatian, semenjak saat itu, saya jadi menghindarinya.๐Ÿ˜ฅ

2. Roti Tawar Seven Eleven
sevelSepengamatan saya, ada 3 jenis roti tawar seven eleven. Dari ketiga jenis ini, satu dinyatakan haram oleh Halal Japan (yang tanda silang).
Satu lagi dinyatakan halal oleh Serijaya (tanda contreng) – dan ini harganya paling murah, hanya 118 yen isi 6. Roti inilah yang mengobati rasa terpukul saya setelah menemukan pendapat berbeda terhadap roti pasco (untungnya roti ini lebih murah..hehe).
Dan yang terakhir, dengan kemasan paling eksklusif dan harga paling mahal, saya belum menemukan ada yang mengkonfirmasi, tapi kalau saya pribadi melihat ingredientsnya, tidak ada bahan yang mencurigakan (kecuali kalau mau mempermasalahkan bahan margarin).

3. Roti Tawar Topvalu
img_1664Ini adalah roti tawar “the best” menurut saya, karena dia dinyatakan boleh dikonsumsi, baik oleh Serijaya maupun Halal Japan, yang tidak hanya dari ingredients, tapi bahkan sudah dikonfirmasi langsung ke produsennya. Dan, harganya juga paling murah, hanya 98 yen. Sayangnya, roti ini cukup sulit ditemui. Kalau saya biasa membelinya di gourment (salahsatunya petanya disini), lokasi ini sangat dekat stasiun kereta.
Sekarang, saya sebisa mungkin mendapatkan roti ini. Karena ia berhasil memenuhi semua kriteria, harga yang murah + hati yang tenang + perut yang kenyang… hehe. Paling banter, kalau saya tidak bisa mendapatkannya, saya membeli roti seven eleven itu.

Update : Desember 2014
Ternyata roti topvalu ini juga tidak aman. Ada muslim yang mengkonfirmasi langsung ke perusahaannya, dan ternyata roti ini memakai bahan turunan dari babi๐Ÿ˜ฅ

Lalu makan rotinya pake apa? Tenang, banyak variasi selai yang bisa dimakan disini. Dan untungnya lagi, selai-selai yang tidak mengandung bahan meragukan itu justru selai-selai “murahan”..hehe perfect banget. contohnya ini,
seleKalau ga pakai selai, pakai mentega (ini juga harus hati-hati milihnya) dan gula aja juga udah enak banget.

Ini beberapa page panduan produk “halal” yang bisa dijadikan referensi untuk di jepang :
Serijaya Indonesia
Halal Japan
PMIJ
Untuk pengguna apple, ada aplikasinya ini.

Oh iya, gambar2nya beberapa saya ambil dari sini : http://noegglife.blog.fc2.com/

Akhir kata, semoga bermanfaat.๐Ÿ™‚

*harusnya postingan ini cukup berjudul “kisah tiga roti”, kayaknya lebih keren dari sekedar “roti”.๐Ÿ™„
**oiya, ketika tulisan ini dibuat, saya belum sampai 4 bulan tinggal di jepang, jadi mohon dimaklumi kalo masih cupu..hehe

3 thoughts on “Roti

    • yg paling mahal dengan kemasan paling eksklusif…

      tapi dari citarasa pun menurut awak tetep paling enak yang topvalu lho, lebih lembut lembut gimanaa gitu…๐Ÿ˜€

  1. Sangat bermanfaat….,
    bisa bakar roti tawar lg tiap pagi..udh 2 bln stop…selai msh banyk….,bisa lnjt lg….sip..trmkasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s