Sakit

20130416022959509Kayaknya disini lagi musim sakit. Beberapa hari yang lalu sensei saya bilang, rajin-rajin cuci tangan, karena virus flu lagi mewabah. Heumm..
Orang yang sakit disini kalau masih pengen tetap beraktifitas biasanya pada pake masker. Mungkin prinsipnya gini kali ya, kalopun saya belum bisa sembuh, setidaknya jangan bikin orang lain ikut-ikutan jadi sakit juga. Kalo udah dirinya sendiri sakit, dan malah bikin orang lain ikut-ikutan sakit kayaknya kan rada keterlaluan ya..heuheu

———

Dua bulan lalu saya pernah nyobain simulasi agent based untuk penanggulangan penyakit menular (kasusnya waktu itu cacar).
Dengan dana terbatas, kebijakan yg coba saya simulasikan waktu itu adalah, memperbanyak petugas vaksin, mengisolasi orang yg sakit, dan memberi vaksin hanya untuk orang2 terdekatnya saja, karena jumlah vaksin yg saya punya terbatas.
Tapi ternyata lebih dari separuh penduduk “negara” saya akhirnya justru tewas.
Ya, vaksin butuh waktu untuk bekerja, bukan sesuatu yg reaktif yg baru digunakan ketika kasusnya telah ada. Vaksin sifatnya preventif, pembekalan dan pelatihan sistem imun tubuh, sehingga mampu melawan tantangan2 virus di kemudian hari.
Ketika penyakit telah datang, vaksin sudah terlalu terlambat. Yg dibutuhkan adalah pengobatan. Tapi sepertinya “negara” saya sistem pengobatannya masih sangat kacau, jadi yg sakit akhirnya pada mati semua.😥

Image taken from : http://himg2.huanqiu.com/attachment2010/2013/0416/20130416022959509.jpg

5 thoughts on “Sakit

Leave a Reply

