Makanan halal (again) versi sehari-hari

Berhubung udah lama ga posting, dan postingan terakhir sepertinya cukup kontroversial sehingga tidak bisa lama-lama dibiarkan di front page, jadi lagi-lagi saya ngepost tentang topik favorit saya : Makanan🙂
Kebetulan beberapa hari yang lalu iseng bikin-bikin panduan daily life (walaupun ga yakin juga itu beneran bisa memandu ato ngga🙄 ), jadi bisa tinggal copas kesini..hehe

Oke, selama ini saya selalu sibuk mengurusi restoran halal, seperti ini yang di tokyo, atau ini yang di yokohama, yang sangat bisa mengikis dompetmu jika dieksekusi sehari-hari. Nah, yang sekarang, sifatnya lebih ke share how to find halal food for your daily life..😀

1. Kampus Tokodai
Alhamdulillah, di kantin kampus tokodai telah disediakan menu-menu berlogo halal. Makanan berlogo halal di kantin ini memenuhi kriteria :
– No Pork or its by-product
– No Alcohol of any source
– Slaughtered according to Islamic law
– No mixing with non Halal food stuff
– All ingredients have been checked
– Separate utensils are used
Pastikan menyebut kata halal kalo mau memesan menu ini, misalnya “halal beef kare onegaishimasu”. Menu halal yang tersedia cukup beragam, untuk kantin kampus suzukakedai misalnya, tersedia menu:
1. タンドリチキン (Halal tandori chiken)*
2. チキントマト煮 (Halal chiken tomato – ni)*
3. 南蛮カラシチキン (Halal Nanban karashi chiken)*
4. チキンカレー煮 (Halal chiken kare – ni)*
*keempat menu ini bergantian setiap harinya, biasanya cukup pesan “halal chicken” saja
5. ビーフカレー (Halal beef kare)
6. ラーメン (Halal ramen)
7. Halal Gyudon dan menu berlogo halal lain (kadang-kadang)
Untuk kantin kampus ookayama pun tersedia beberapa menu berlogo halal juga seperti di atas.

Selain itu, di kantin kampus suzukakedai juga tersedia salad bar (sayur mayur) dan hotbar (lauk atau sayur masak) dengan model prasmanan. Makanan berlogo halal ditandai dengan lingkaran kuning atau tulisan HALAL di sekitar nampan nya.
IMG_2437Ada juga kue (cake) berlogo halal yang juga ditandai dengan lingkaran berlatar kuning. Ada 4 dari 6 kue di kantin ini berlogo halal.
IMG_1656Alternatif menu berlogo halal lainnya adalah di Co-op (koperasi kampus). Tersedia pizza slice berlogo halal (produk Thailand) dengan 3 pilihan rasa.
IMG_2753Alternatif yang lain lagi adalah memesan makanan dari katering sahabat Indonesia yang juga berkuliah di tokodai dan punya kemampuan masak tingkat dewa, seperti mas Gerald atau mas Sholihul, yang dijamin halal dan mengobati kerinduan akan citarasa Indonesia🙂
Untuk yg mas sholihul, ini link katalog makanan yang tersedia

Selain makanan berlogo halal, di kantin kampus juga tersedia berbagai menu ikan (dibakar, digoreng, goreng tepung), gorengan (ada yang mirip ubi, ada yang daun entah apa), dan makanan lainnya yang secara kasat mata tidak mengandung babi atau bahan-bahan yang diharamkan lainnya.

2. Luar Kampus
Makanan Berat
1. Restoran Halal
Sebenarnya sudah terdapat banyak restoran halal di daerah tokyo dan yokohama, seperti yang sudah saya post disini dan disini. Restoran halal yang dimaksud disini, meskipun ada yang belum mendapat logo halal dari lembaga islam resmi, tapi mereka telah mengklaim beberapa/seluruh makanan yang mereka jual halal. Umumnya restoran timur tengah, india, indonesia, dan lain-lain.

2. Warung sushi
Ini makanan jepang banget. Warung sushi relatif cukup mudah ditemukan, dari warung sushi mahal, sampai warung sushi 100yen-an. Pada dasarnya yang disajikan di warung sushi adalah ikan, seafood, telur, dan sayur secara kasatmata, kecuali yang sushi babi (ada lho ternyata!).

3. Soba dan udon
Ini juga makanan jepang banget. Soba dan udon relatif cukup mudah ditemui dimana-mana. Pastikan jangan memesan soba/udon yang mengandung daging. Biasanya terdapat pilihan soba udon kakiyage (semacam bakwan), chikuwa (olahan ikan), atau ebi-tempura (udang). Salah satu warung udon/soba yag sangat praktis adalah Sibu-Soba (しぶそば), umumnya terdapat di stasiun-stasiun besar, seperti Aobadai, Nagatsuta, Chuorinkan, dll. Di Aobadai letaknya di dalam gate stasiun, sehingga bisa mampir kesana dan pergi lagi tanpa perlu membayar ongkos kereta.

4. Restoran western
Untuk restoran western, sebenarnya ada banyak sekali dan tersebar dimana-mana. Beberapa yang biasa digandrungi karena cabangnya ada dimana mana misalnya,
Seizeriya, makanan yang dipilih bisa berdasarkan list alergi ini:
https://www.dropbox.com/s/tmmjl9zw1dzf0tu/Seizeriya_Alergy_list.pdf
Gasto, dsb.

5. CAKE << di bold!!!
Karena saya penggmar berat cake, jadi saya sangat suka menggandrungi toko cake. Selain di kampus dan memesan ke katering tadi, tempat membeli kue yang sangan menjanjikan lainnya adalah
1. Ginza corner, ini list alerginya. Ginza corner bisa ditemukan dimana mana, cabangnya banyak banget.
2. Sweet paradise (makan kue sepuasnya..kyaa), ini list alerginya. Setahu saya ada dua lokasi sweet paradise, di shibuya dan di machida. Mungkin ada lagi.

Untuk apa list alergi? dengan list alergi ini kita bisa mengetahui kandungan dari makanan tersebut, sehingga kita bisa memutuskan makanan itu boleh dimakan atau tidak. Orang jepang biasanya sangat teliti sekali untuk masalah alergi ini. Yang perlu diperhatikan untuk kue biasanya gelatin (ゼラチン), sake/rum/alkohol, dan daging-dagingan (jarang sih tapi).

Makanan kemasan
Untuk makanan/minuman kemasan, cara untuk mengidentifaksinya adalah dengan melihat ingredients atau keterangan alerginya. Kanji semua, tentu saja. Karena itu sangat baik untuk menghafalkan kanji-kanji bahan-bahan terlarang, jadi tinggal pastikan tidak ada bahan-bahan terlarang di ingredients makanan nya. Berikut link list kanji bahan terlarang/meragukan:
http://pmij.us/islam-di-jepang/halal-haram/bahan-yang-perlu-diperhatikan.html

Untuk memudahkan, telah ada juga saudara kita yang mensortir berbagai makanan dan minuman kemasan, yang bahkan sampai menanyakan ke produsennya. Link berikut bisa menjadi referensi yang sangat baik :
1. https://www.facebook.com/pages/SERIJAYA-INDONESIA/175849819132269?sk=photos_albums
2. https://www.facebook.com/pages/Halal-Japan/503821533010825?sk=photos_albums

———————————–
Fyuh, beres juga postingannya, tumben saya ngepost panjang ya (padahal tingal kopas ini..hehe)
Semoga bermanfaat.

 

10 thoughts on “Makanan halal (again) versi sehari-hari

  1. Wow, di kampus ada makanan dengan logo halal… Jepang keren juga ya. Baca di berita beberapa bulan lalu katanya bandara Narita telah dilengkapi mushola. Tampaknya Islam semakin mendapatkan tempat di sana.🙂

    • Iya dit, alhamdulillah banget.. Mushalla (err, atau lebih tepatnya tempat yg biasa dipake untuk shalat) di kampus jg ada cukup banyak. Pokoknya kalo ke jepang, maen ke kampus awak deh..hehe *promosi*

  2. Ooh kemaren minta foto halal shokudo buat ini yah? Wew ditinggal sensei jadi produktif nulis blog yg berkualitas :O
    Btw, itu chips kaldi jadinya gimana hasil investigasinya? :))

    • wew, kontributornya dateng… どうも有賀とございました。。😀

      gatau tuh, pelik investigasinya, saya memilih menghindari konflik ajadeh..hehehe
      *bukan kaldi syif, calbee (ato kalo mau di lafalkan, “kalbi”…hahahaha)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s