Social Media

Entah kenapa tiba-tiba jadi pengen ngebahas sosial media. Akhir-akhir ini hubungan saya dengan sosmed memang tidak begitu baik, sepertinya kita mulai saling sulit mengerti satu sama lain.. *apacoba*

Saya memang bukan tipe2 maniak sosmed, bahkan akun sosmed pun saya hanya ada fac*book. Dulu sempat buat tw*tter, terpaksa karena ikut suatu kegiatan, tp seinget saya udah saya hapus deh.

Perjalanan saya dengan sosmed ini sebenernya sudah cukup panjang. Pernah ada masa ketika saya cukup aktif mempost kata-kata mutiara, kegiatan2 saya, sampai kadang ke luapan perasaan (kalau ini biasanya tidak eksplisit sih tapi, pake analogi2 gt..hehe). Masa-masa dimana saya berbincang-bincang ngalor ngidul balas berbalas komen, udah kayak ngobrol aja.
Saya sendiri tidak tahu pasti sejak kapan saya mulai terbiasa menyuarakan isi hati/pikiran/kegiatan saya untuk disaksikan orang banyak, dan sejak kapan saya tidak risih ngobrol ini itu dengan teman dekat tapi didengar orang banyak. Ya orang banyak!
Mungkin memang hanya yg berstatus “friend” saja yg bisa melihat, tapi status friend di sosmed itu rangenya gede banget, mulai dari keluarga, yg benar2 sahabat dekat, teman biasa, orang yg pernah ketemu aja, bahkan sampai orang tak dikenal!
Ini sangat menyalahi kodrat saya sebagai seorang introvert (hehe ngaku2).

Menyadari hal ini, saya mulai sedikit membatasi pergaulan saya di sosmed, lebih suka pake jalur chat untuk ngobrol, walaupun kadang2 kebablasan juga dan akhirnya berbalas2 komen lagi ~_~.

Dari yang aktif, saya mulai menjadi silent reader, pengamat. Endless scroll, liatin status2 orang, yang, oh meeen, kalo dipikir-pikir ngapain juga sebenarnya. Saya terpapar terlalu banyak informasi, tentang tabiat, kegalauan, rutinitas, pandangan politik, dsb dari si entahsiapa. Membuat saya tahu terlalu banyak ttg seseorang yg saya mungkin ngobrol dengan dia pun jarang banget.
Seringkali saya annoyed dengan, err apa ya istilahnya, pola pikir(?) seseorang. Padahal hal itu tidak pernah dia bicarakan langsung dengan saya. kenapa saya harus merasa cape mental sendiri? Heuheu..
Dan hal ini semakin intens terjadi sejak beberapa bulan yg lalu, mungkin akan terus begini sampai bulan depan.
Saya tidak anti politik, justru sebaliknya, saya cukup sering (dan senang) mengamati hal-hal berbau politik. Tapi, terlalu sering terpapar dengan pola pikir yg nyeleneh2, terlebih dari orang2 yg saya kenal (padahal blm tentu ditujukan ke saya), membuat saya cukup muak juga lama2.

Dan yg sangat menyebalkannya lagi juga adalah, kadang saya sampai melupakan apa yg ada di depan saya, karena mengamati si entahsiapa, yg belum tentu maksudnya lagi ngomong sama saya. Masih sibuk scroll sana sini, padahal saya sedang bersama orang-orang yg mungkin tidak bisa saya temui setiap waktu.
What on earth am I doing?!

Akhirnya saya merasa ini semua sudah lebih dari cukup (halah), karena itu saya jadi bertekad ingin bersikap lebih nonaktif lagi dari persosmed-an. Beberapa hari yg lalu saya sempat deaktivasi akun saya, tp jadinya malah saya kelewat undangan penting dong😥
Sepertinya opsi deaktif memang terlalu ekstrim. Jadi sekarang saya lebih bertekad ga buka2 lagi aja, dan notif2 yg penting kayak undangan, diteruskan ke email. Case solved😀

Well, masalah ini debatable si, saya yakin banyak banget manfaatnya sosmed (yudonsei), cuma mungkin dari saya sendirinya aja yg pengen mencoba kembali ke kehidupan yg lebih “alami”, yg dihiasi privasi dan teka teki..
*apacoba*

*terus ini nulis di blog, padahal lebih random lagi orang yg bacanya..hahaha
**yaudah si :p

14 thoughts on “Social Media

      • Beda syif, ini kayak “ini lo ngapain sih liat2in jawaban lo, emang gue mau liat?!” trus karna dia ttp ngeliatin jawabannya akhirnya saya memutuskan ngasih sekat/papan batas gitu biar ga nganggu lagi..hahaha
        *beneran peace ah

Leave a Reply

