Menginap di Bandara Soekarno-Hatta

Beberapa hari lagi saya akan kembali ke jepang. Karena dulu saya menghalalkan segala cara demi dapet tiket murah, jadilah jadwal penerbangan saya sangat tidak menyenangkan. Saya harus berangkat dari jakarta pukul 8 pagi, sementara domisili saya bukan di jakarta, dan penerbangan paling pagi dari tempat saya ke jakarta adalah jam 6an pagi, sampe jakarta 7.20, bagasi dan lalala, fix gamungkin kekejar. Jadi saya sepertinya harus berangkat hari sebelumnya.
Nah terus saya nginep dimana? Opsi stay dijakarta sudah langsung saya coret, karena saya berangkat pada hari kerja, dan jakarta+pagi-pagi+hari kerja, no thanks!. Dengan bawaan bagasi yang gede dan rempong opsi menginap di tempat teman wilayah tangerang juga terpaksa saya coret. ย Akhirnya ada dua opsi, menginap di bandara atau mencari penginapan di sekitar bandara.

Nah, di tulisan ini saya ingin sedikit merangkum penjajakan saya tentang dua opsi itu, sembari saya mempertimbangkan, dan ketika nanti saya sudah mengalaminya, tulisan ini mungkin akan saya update๐Ÿ™‚

Menginap di bandara
Membaca pengalaman-pengalaman orang yang sudah menginap di bandara soekarno-hatta, misalnya ini, sepertinya opsi ini cukup available. Rekomendasinya di terminal 2 atau terminal 3. Ada beberapa tempat favorit,
Pertama, mushalla, tapi (katanya) persaingannya cukup ketat, kalo kemaleman bisa2 udah keburu penuh sama penumpang lain yang juga tidur disana (duh, kok berasa jahat ya).
Kedua, kursi-kursi di dalam gedung bandara (sebelum masuk check in).
Ketiga, di luar gedung bandara, err, kalo ini ngga kali ya.

Sebenarnya saya sudah pernah menginap di bandara KLIA di malaysia sebelumnya, tapi disana sepertinya bandaranya memang cukup mumpuni, banyak kursi2 kosong yang bisa dipake tiduran, dan waktu itu saya bareng-bareng temen, jadi ya seneng-seneng aja. Sedangkan sekarang saya sendiri tiada yang menemani *halah*, keamanan juga menjadi faktor yang cukup penting, karena bawaan saya yang seabrek.

Hotel sekitar bandara
Kalaupun saya harus menginap di hotel, selain lokasinya deket, saya juga pengennya yang harganya ga mahal-mahal banget. Secara cuma buat tidur doang, dan cuma sendiri. Jadi yang saya rangkum disini yang harganya dibawah Rp. 250.000 :p
1. Huswah Transit Hotel
Alamat : Jl. Husein Sastranegara No.9 Jakarta (Kata mbaknya 15 menit ke bandara)
Telp : (021) 5555885
Harga (per 5 Sept 14) : Standard 175rb, Deluxe (pake tipi) 250rb. Sudah include antar jemput bandara, tinggal telpon kalo udah sampe bandara ceunah. (tapi ada yang bilang waktu servisnya cuma 8am-8pm)
Sejujurnya saya sudah membooking tempat ini karena tergiur harganya yang murah (seperti biasa -_-“). Tapi belakangan saya membaca reviewnya di agoda dan tripadvisor, saya malah jadi parno sendiri. Saya memang tidak berharap banyak dari hotel harga segitu, tapi ada 3 ke-fail-an utama yang kayaknya ga bisa saya tolerir lagi (kasih tau ga ya, tar pencemaran nama baik lagi, dan saya belum mengalaminya sendiri, cuma dari cerita orang yang udah kesana, heu, cariย sendiri aja lah ya kalo mau)

2. Hotel Permata Bandara
Alamat :Jl. Husein Sastranegara, TANGERANG 15125,
Telp : 021-54381606 (Hunting)
Harga (per 7 Sept 14): Kamar single 1 orang 225rb. Sudah include antar jemput bandara, waktunya lebih fleksibel.
Dilihat dari fasilitasnya, sepertinya hotel ini cukup terpercaya (setidaknya ada wifi..haha), dan kata review disini, hotelnya cukup memuaskan, cuma gatau juga si.

3. Hotel Anugrah
Alamat :
Telp :021 54395122/0215550847
Harga : kisaran 100rb-250rb

4. Wisma Warna Alam
Alamat : Jl. Marsekal Surya Darma , 5 menit dari Bandara Soeta pintu M1 .
Telp: Udin 087809523169 , Hamid 087878578446
Harga : mulai 130rb

5. Hotel Ellia Bandara
Alamat : Jl. Husen Sastra Negara No. 68
Telp.: 021-5550970, 021-97774848, 021-97774949, Fax. 021-55950973
Harga : mulai Rp. 193000,-
Belum saya telusuri, informasi dari sini

Sebenernya ada banyak hotel lain yang pastinya lebih mumpuni, kayak sheraton, airport hotel, FM7, Pop hotel, amaris, dsb. Cuma harganya itulho..haha

———————

update 10 Sept 2014

Akhirnya saya malah memutuskan untuk menginap di POP hotel, karena ada teman saya yang dengan heroiknya mau ikut nganter, katanya.. kyaa :’)
*trus ada si komentator pertama ini yang bilang dia nginep disana :))

Pop hotel harganya Rp.448.000 semalam, kamarnya bisa diisi sampe 3 orang tanpa perlu tambahan ekstra bed. Ada satu kasur double dan satu tempat duduk yang empuk banget panjangnya 2 meteran yang bisa dipake tidur (disediain selimutnya juga), jadi sepertinya emang buat 3 orang. Hotelnya minimalis (banget) tapi sangat layak huni kok, danย resepsionisnya memberikan kesan ‘asik’ dengan gayanya yang santai (mirip2 hotel Harris). Terus WC dan bathroomnya lucu, bentuknya melingker gitu..hehe. Ada sarapan pagi dari jam 4, roti-rotian sama minuman hangat, lumayan buat ganjel perut. Wifinya juga kenceng mayan, jadi saya bisa apdet semua aplikasi hape saya yang selama ini merintih minta diapdet..hehe
Kalo fasilitas antar jemput bandaranya juga ada, tapi udah fix jam nya, dan agak untung2an, soalnya kapasitasnya terbatas. Worst case bisa pake taxi si. Untungnya tadi saya dapet yang pagi banget jam 5.
Well, kalau yang nginep 2-3 orang, saya sangat merekomendasikan hotel ini sih.

Sampe di terminal 3, setelah saya lihat dengan mata kepala sendiri, ternyata sangat layak huni juga, bener kata link blog yang saya catut di atas. Banyak sofa empuk tersebar dimana-mana (lantai 2), jadi bisa jadi opsi nginep yang bebas biaya dan cukup bahagia (apacoba). Wifi juga nyampe di tempat itu, dan ada colokan juga, lengkap sudah. Kemanan juga mayan si kayaknya, soalnya kan udah di dalem bandara. Yah, next time lah saya cobain๐Ÿ™‚

Sekarang saya sudah bersiap mau berangkat (ini lagi di ruang tunggu) *siapa juga yang mau tau..hehe.
*internet di bandara lumayan kenceng juga ya ternyata๐Ÿ˜€
30 menit lagi berangkat, Bismillah…

ุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู, ุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู, ุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู
ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู’ ุณูŽุฎูŽู‘ุฑูŽ ู„ูŽู†ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุง ูˆูŽู…ูŽุง ูƒูู†ูŽู‘ุง ู„ูŽู€ู‡ู ู…ูู‚ู’ุฑูู†ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุฅูู†ูŽู‘ุง ุฅูู„ูŽู‰ ุฑูŽุจูู‘ู†ูŽุง ู„ูŽู…ูู†ู’ู‚ูŽู„ูุจููˆู’ู†ูŽ
ุงู„ูŽู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูŽู‘ุง ู†ูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ูููŠ ุณูŽููŽุฑูู†ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ุจูุฑูŽู‘ ูˆูŽุงู„ุชูŽู‘ู‚ู’ูˆูŽู‰ ุŒูˆูŽู…ูู†ูŽ ุงู„ุนูŽู…ูŽู„ู ู…ูŽุง ุชูŽุฑู’ุถูŽู‰
ุงู„ูŽู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ู‡ูŽูˆูู‘ู†ู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ุณูŽููŽุฑูŽู†ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุง ูˆูŽุงุทู’ูˆู ุนูŽู†ูŽู‘ุง ุจูุนู’ุฏูŽู‡ู
ุงู„ูŽู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุงู„ุตูŽู‘ุงุญูุจู ูููŠ ุงู„ุณูŽู‘ููŽุฑู ูˆูŽุงู„ู’ุฎูŽู„ููŠู’ููŽุฉู ูููŠู’ ุงู„ุฃูŽู‡ู’ู„ู
ุงู„ูŽู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูู‘ูŠู’ ุฃูŽุนููˆู’ุฐูุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ูˆูŽุนู’ุซูŽุงุกู ุงู„ุณูŽู‘ููŽุฑู ูˆูŽูƒูŽุขุจูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูŽู†ู’ุธูŽุฑู ูˆูŽุณููˆู’ุกู ุงู„ู’ู…ูู†ู’ู‚ูŽู„ูŽุจู ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุงู„ู ูˆูŽุงู„ุฃูŽู‡ู’ู„ู

“Allah Maha Besar (3X).
Maha Suci Rabb yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, sedangkan sebelumnya kami tidak mampu. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami (di hari Kiamat).
Ya, Allah, Sesungguhnya kami memohon kebaikan dan taqwa dalam perjalanan ini, kami memohon perbuatan yang meridhokanMu.
Ya Allah, Permudahlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami.
Ya Allah, Engkau-lah teman dalam bepergian dan yang mengurusu keluarga(ku).
Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan perubahan yang jelek dalam harta dan keluarga”.
(HR. Muslim no. 1342)

3 thoughts on “Menginap di Bandara Soekarno-Hatta

1. Wkwk.. Iseng2 googling pengalaman nginep di bandara, sampe ke blog Temen sendiri ternyata.

Sad blm pernah nyicil nginep di 1b bulan puasa kan? Sensasinya lebih wooow..

*kayaknya perlu aku tulis di blog jg kali yak*