“… dari Hongkong !!!” (2)

Day 2 & 3 : Shenzhen (深圳)

Pagi ini diawali dengan menjawab video call dari rekan kami yang super random yang sepertinya ga terima banget dengan pertemuan kami disini. Padahal kalo udah takdir mah gakan kemana kan ya, tapi sepertiya beberapa orang memang masih sulit menerima takdir (haha apacoba😛 )
Itinerari hari ini sudah tersusun rapi dan cantik, tinggal dieksekusi (cuma yang buat besoknya ini yang masih kosong gatau mau kemana).

Shenzhen University
Tujuan pertama (dan paling deket dengan rumah) adalah shenzhen university, cuma dua stasiun dari rumah temen saya. Ini universitas paling gede di kota ini. Gedenya emang literally gede dan luas banget, banyak stadionnya (sampe saya bingung ini univ ato gelora), asramanya juga di dalem kampus dan banyak banget, pokoknya guede banget lah kalo dibandingin ITB ato tokodai. Ada bus keliling kampus yang unyu banget, tiap kali naik bayar 1 yuan.
Dan yang terpenting diantara segalanya adalah, di kantin kampusnya ada makanan halal (hua senangnya), dan variatif banget, banyak jenisnya, murah-murah pula, seporsi normal sekitar 6-10yuan aja. Sayangnya, belinya kudu pake kartu yang cuma dimiliki sama civitas univ ini, heu, jadi kalo orang luar kaga bisa beli. Untungnya teman saya punya kartunya walaupun beliau bukan civitas sana (tapi legal kok, bukan kartu nyolong..hahaha). Oiya satu lagi, di dalam kantinnya kaga ada air putih, yang dijual pun ga ada, adanya coca cola -__-“.


Nanshan Mosque
Setelah perut kenyang, kami menuju Masjid Nanshan untuk shalat Jumat. Balik lagi ke stasiun Daxin, cuma keluar di gate yang berbeda, sambung jalan sekitar 10 menitan. Masjidnya gandengan sama ruko-ruko gitu, jadi ga terlalu keliatan walaupun namanya ditulis gede banget di gedungnya.
IMG_5434
Shalat jumat disini sebentar banget, kayaknya cuma 20 menitan (khutbah plus shalatnya). Tapi sebelum mulai, ada ceramah dalam bahasa china dulu sekitar 1 jam an, sedangkan pas khutbahnya 100% bahasa arab. Metode ini mirip dengan salah satu masjid yang pernah saya kunjungi di jepang.

Window of The World
Setelah tarik ulur mau kesini ato ngga, akhirnya kami memutuskan kesini juga. Mahal si, sekali masuknya 180 yuan (men, itu bisa buat 20 kali makan), cuma menurut saya worth it banget. DI dalemnya ada berbagai macam spot-spot terkenal di seantero dunia. Miniatur si, tapi ga kecil-kecil banget (bukan kayak maket gitu). Beberapa bahkan ada yang beneran bisa dimasukin gedungnya. Kita mampir cukup lama di wilayah jepang, ada bunga sakuranya juga, sama gunung fuji bahkan (cuma yg ini rada fail sih bentuknya..hahaha)
Pokoknya disini tempat yang perfect banget buat ngalay, spotnya tak terhingga :))
Banyak yang bilang cukup 2-3 jam buat ngejelajahin tempat ini, tapi buat kami itu kurang banget. Tau sendiri lah ya betapa sumbangnya kami..hehe, plus kan sayang udah bayar mahal2, jadi kami bener2 pastiin banget kalo udah ngeeksplor semuanya *gamau rugi*.
Selain spot2 dunia, juga banyak atraksi2 di jam-jam tertentu, dan atraksinya niat banget. Kayak ada atraksi hujan banjir gitu yang emang sampe basah2 kemana2..hahaha
IMG_5438 IMG_5445
IMG_5559 IMG_5518 IMG_5527 IMG_5534
IMG_5566  IMG_5577
IMG_5618 IMG_5571
Muter-muter disini bener-bener bikin kaki kapalan dan perut keroncongan. Kami bela-belain ga makan di area ini karna (kayaknya) mahal banget (air putih aja sampe 7 yuan, padahal kalo diluar cuma 2 yuan) *ni anak perhitungan banget*. Jadi pada titik tertentu kamipun harus give up berpetualang keliling dunia ini, dan menuju restoran buat makan dan langsung pulang. Lagi-lagi restoran cina halal dengan menu yang kanji semua tanpa gambar :))

Sea World
Hari berganti, nah ini nih yang krusial, belum ada rencana mau kemana. Akhirnya pagi-pagi langsung browsing2 tempat2 menarik (dan ga bayar) di shenzhen. Parahnya adalah, google di blok, youtube di blok, fb juga ga bisa, line juga gabisa. Edan, tersiksa banget rasanya saya make internet disini, terutama karna gabisa buka googlemaps, padahal ini aplikasi andalan saya banget..huhu..
Cari sana sini, akhirnya kita memutuskan pertama-tama ke seaworld dulu. Ini daerah pelabuhan gitu, ada restoran di dalam gedung yang bentuknya kayak kapal gede banget.
IMG_5634 IMG_5636

OCT (Overseas China Town) Loft
Ini semacam art galery dan jualan berbagai produk-produk kesenian gitu.
IMG_5645 IMG_5647

Splendid China
Nah ini katanya semacam window of the world tapi versi china nya aja, di stasiun yang sama dengan OCT. Jadi ada berbagai spot terkenal china di dalam satu area ini. Harganya sama mahalnya kayak WoW, jadi kita ga masuk, cuma main-main di luarnya aja..hehe *pelit*
IMG_5658 IMG_5659

Shenzhen People’s Government Building
Ini kantor pusat pemerintahan shenzhen. Bangunan lucu kayak kumis, plus area yang luar buat main-main (banyak orang main layangan, skateboard, dsb disini. Kami juga numpang makan siang dan shalat disini.
IMG_5676IMG_5675

Kingkey 100 (KK100)
Ini gedung paling tinggi di Shenzhen, tingginya sampe sekitar 450 meter. Waktu diresmikan tahun 2011 dulu, ini gedung tertinggi ke 8 di dunia, tapi sekarang kayaknya udah peringkat belasan deh.
IMG_5686 IMG_5687

Dongmen
Ini streetmarketnya Shenzhen, terkenal banget, katanya banyak produk murah murah. Cuma karena saya dan teman saya ga gitu tertarik buat belanja, jadi kita cuma melihat-lihat keramaian saja, sambil numpang makan di restoran cina halal yang lagi-lagi menunya full kanji..haha
IMG_5694 IMG_5696
IMG_5700 IMG_5701

Daan, hari pun sudah malam, dan besok saya udah kudu pulang lagi.. >.<

2 thoughts on ““… dari Hongkong !!!” (2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s