Di atas awan

*ini judulnya misleading banget deh kayaknya*

Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu saya baru dibuat shock dengan datangnya sebuah email yang mengatakan kalau storage saya sebesar 25 GB akan segera dihapus bulan depan (dari total sekitar 34 GB), dan saya harus segera memindahkan data saya, kalau ngga saya ga bisa edit-edit data saya disana lagi.
*nah udah tau kan saya mau ngomongin apa?
yap, cloud storage. Penyimpanan data di atas awan
*tuh kan nyambung judulnya.

Selama beberapa tahun terakhir, saya terbiasa menggunakan penyimpanan cloud ini untuk nyimpen data-data yang sering saya akses.
Kenapa? utamanya sekali adalah karena praktis banget, terutama kalo saya make beberapa komputer. Asalkan terkoneksi ke internet, saya bisa dengan gampang mengakses data-data saya dari manapun, bahkan pake hape juga bisa *kalo ga punya koneksi internet, ya salah sendiri..haha.
Sedangkan kalo metode konvensional kan saya harus dengan rempong mindah-mindahin data ke flashdisc tiap kali abis ngerjain sesuatu dan mau pindah komputer, cabut colok, belum lagi kena virus, belum lagi flashdiscnya ilang (yg entah kenapa sering banget terjadi), ribet lah pokoknya.

Terus juga, pake cloud storage ini berasa lebih aman aja datanya dari kerusakan, kayak kalo pake flashdisc trus tiba-tiba jatuh dan jadi ga kebaca kan jadi super panik.
*walaupun kalo datanya rahasia gatau deh aman apa ngga di cloud storage, ceunah dijamin si keamanan dan privasinya, but we never know..*konspirasi*

Sebut merek aja lah ya, jadi selama ini saya pakenya Dropbox (mangga kalo mau install disini << pake link dari saya, kita sama2 untung dapet tambahan 0.5 GB😀 ).
Sekitar 2 tahun yang lalu ada promo yang namanya space race buat mahasiswa, jadi dengan kita ngelink in dropbox ke email student kita, bisa dapet free storage 25 GB (yang awalnya saya pikir seumur hidup) tapi sayangnya hanya berlaku 2 tahun saja, dan sekarang rentang waktu itu sudah habis, sementara promo semacam itu kayaknya ga ada lagi.

Karena itulah, saya jadi mengeksplore2 penyedia layanan cloud storage untuk melanjutkan kehidupan saya *halah*.
Nah disini saya pengen sedikit ngulas 3 aplikasi cloud storage yang (kayaknya) paling terkenal, yaitu Dropbox, OneDrive, sama GoogleDrive.

1. Dropbox
IMG_6193
Ini aplikasi yang sudah saya pake bertahun-tahun dan saya udah merasa pewe banget make ini. Pertama kali daftar, kita dapet free storage 2 GB (disini kalo mau daftar, dapet +0.5GB lho *promosi mulu..haha, kan biar sama2 untung). Terus dengan ngelengkapin getting startednya, sama link ke fb dan twitter, ngetwit lalala dsb, bisa dapet tambahan free storage kurang lebih 1 GB. Terus kalo mau tambah lagi, bisa install aplikasi mailnya yang bernama Mailbox dapet +1GB, dan aplikasi pengelola fotonya bernama Carousel dapet +3GB. Jadi dari usaha pribadi bisa dapet total free storage sekitar 7GB.

Nah tiap kali invite orang lain (kayak yang daritadi saya lakuin lewat link ini), dapet tambahan 0.5GB tiap satu orang, maksimal 32orang = 16GB. Jadi total free storage yang mungkin diperoleh adalah 23GB.

Beberapa promo mungkin ada, kayak space race yang pernah saya ikutin, tapi hati-hati jangan terlena, bisa jadi itu berjangka waktu.

Enaknya dropbox ini dia bisa sync (mensinkronkan) otomatis dari komputer yg kita install dropbox. Jadi ada satu folder bernama dropbox, nah filenya tinggal kita taro aja di folder itu, trus udah deh dia ke upload sendiri. Di komputer lain yg ada dropboxnya juga, tinggal buka aja foldernya, niscaya filenya udah ada *asal terkoneksi internet*. Dan di tiap filenya juga ada tanda kecil yg ngasih tau kalo file nya udah sinkron ato masih proses.
Ada aplikasi buat di HP nya juga, sederhana si tampilannya, tapi karna itu jadi easy to use.

2. OneDrive
IMG_6194
Yang ini aplikasi buatan microsoft. Sekilas modelnya ga jauh beda dengan dropbox, malah tampilan web dan aplikasi hp nya lebih bagus.

Pertama kali daftar dapet free 15GB (wow, tanpa usaha apa-apa). Terus kalo nginstall di hape dan ngaktifin fitur upload foto otomatis (yang nantinya bisa dimatiin lagi) dapet tambahan lagi 15 GB. Jadi tetiba udah dapet free 30GB saja..haha

Ada juga tambahan 0.5GB tiap invite satu orang, maksimal 10 orang = 5GB. Jadi total free storage yang mungkin diperoleh adalah 35GB. Free space yg cukup menggiurkan.

3. GoogleDrive
IMG_6195
Ini yang buatan google. Sebenernya dengan ngebuat email google, kita udah otomatis punya akun googledrive dengan free storage 15GB (buat semua akun google kita: gmail, google+, dsb). Setahu saya tidak ada cara buat nambahin free storage ini (kecuali dengan cara licik2an ngelink2 akun gitu).

Aplikasi buat ke komputernya juga ada, sistemnya sama kayak dropbox, cuma dia ga ada penanda di tiap file, mana yg udah kesinkron mana yg belum. Cuma fitur kecil si, tapi saya ngerasa ini penting bgt.

Awalnya saya sudah install google drive di komputer, tapi akhirnya saya memutuskan untuk meng-uninstallnya lagi dengan berbagai pertimbangan (pindah ke lain hati setelah nyobain onedrive..hehe). Kayaknya lebih baik storage google ini saya dedikasikan buat email saja dan hal-hal lain semacam googledoc, googleform, maps, dsb biar ga kecampur campur.

Ya, akhirnya saya memutuskan menggunakan OneDrive untuk menampung data2 saya yg (segera akan) tidak muat lagi di dropbox.

Sedikit perbandingan

Karena penasaran dengan performanya, saya coba membandingkan kecepatan sinkronisasi dropbox dan onedrive. Jadi saya nyobain mengcopy folder yg sama (berukuran 549 MB) ke dropbox dan onedrive dalam keadaan internet mati. Selesai copas, internet saya nyalain lagi.
Hasilnya, dropbox selesai sinkronisasi dalam waktu 6menit, sedangkan onedrive baru beres setelah 10menit. Saya gatau apa ada priority set di komputer saya ato ngga (tapi kayaknya ga ada deh). Dari hasil ini, keliatannya dropbox masih lebih unggul (walaupun onedrive nawarin free storage jauh lebih gede).
Cuma gapapa lah, jadi kan bisa pake dropbox buat data2 kecil yg sering diubah2, dan onedrive buat yg relatif lebih statis (kayak foto, video dsb).
dan dengan begitu, case solved😀

*disclaimer : ini cuma berdasarkan pengalaman saya aja loh ya, jadi sangat mungkin ada (banyak) yang miss..hehe

7 thoughts on “Di atas awan

Leave a Reply

