Allergy List

Berhubung kemaren saya baru makan sushi yang enak banget (gatau ini enaknya karena saya lapar ato emang beneran enak..hehe) jadi saya pengen nulis tentang makanan
*impulsif banget ya

Ada satu tool yang bisa sangat ngebantu kita dalam memilih makanan di jepang ini (buat yang muslim), yaitu Allergy list. Allergy list ini adalah daftar alergi (definitif banget..haha). Nah, kayaknya, karena kasus alergi ini lumayan tidak bisa dianggap remeh, akhirnya pemerintah jepang mewajibkan para produsen makanan untuk menyediakan list alergi untuk konsumen yang membutuhkan (bisa cek di web kementrian makanan jepang)

allergen_img
List allergy yang wajib harus kudu ada banget itu ada 7 item, yaitu
えび (ebi=udang)、かに (kani=kepiting)、小麦 (komugi=tepung(?))、そば (soba=kayaknya sejenis tepung juga deh)、卵 (tamago=telur)、乳 (nyu=susu)、落花生 (gatau bacanya apa, artinya kacang, kadang ditulis ピーナツ = piinatsu).
Sayangnya, kalo list yang 7 ini doang, ga membantu apa-apa buat para muslim dalam mengidentifikasi makanan.

Selain list yang wajib itu, ada tambahan 20 item lagi yang sangat disarankan pemerintah untuk disediakan juga, yaitu
あわび (awabi=kerang)、いか (ika=cumi)、いくら (ikura=telor ikan)、オレンジ (orenji=jeruk)、カシューナッツ (kashuunattsu=kacang mede)、キウイフルーツ (kiui furuutsu=kiwi)、牛肉 (gyuniku=daging sapi)、くるみ (kurumi=kenari)、ごま (goma=wijen)、さけ (sake=salmon)、さば (saba=ikan makarel)、大豆 (daizu=kedelai)、鶏肉 (toriniku=daging ayam)、バナナ (banana=pisang)、豚肉 (butaniku=daging babi)、まつたけ (matsutake=sejenis jamur)、もも (momo=buah peach)、やまいも (yamaimo=sejenis ubi)、りんご (ringgo=apel)、ゼラチン (zerachin=gelatin).

Nah tambahan 20 item ini luar biasa membantu banget buat mengidentifikasi makanan. Yang perlu kita perhatiin ada 4, itu yang saya bold semua, daging-dagingan dan gelatin. Kadang memang ga full 27 item yang dituliskan, cuma biasanya 4 item penting kita ini selalu ditulisin (kecuali sama produsen-produsen makanan yang cuma ngambil wajib 7 doang, heu).

Dan berhubung ini list allergy, jadi insya Allah mereka sangat hati-hati banget, karena teledor dikit aja salah dalam ngasih info, bisa berakibat fatal banget bagi penderita alerginya. Karena itu, kalo menurut saya, list alergi ini sangat bisa dijadikan pegangan😀

Satu benda yang sayangnya ga ada di list alergi ini adalah khamr : sake, rum, alkohol, dan sejenisnya. Jadi, untuk ini yaa kita kudu cari cara lain lagi kalo mau mengidentifikasinya (kalo di makanan kemasan, liat ingredientnya. Setidaknya jadi lebih mudah lah ya, lebih sedikit yang dicari).
Oiya, untuk identifikasi menggunakan metode ini (kalo buat di restoran), perlu kemampuan bisa membaca hiragana-katakana dan ilmu cocoklogi kanji (kalo bisa baca kanji mah lebih mantep lagi), jadi, belajarlah..hehe

Sekalian saya mau berbagi list alergi yang pernah saya dapet dari berkunjung ke restoran-restoran di jepang:

1. Kappa Sushi (かっぱ寿司)
List alergi (web) : disini
Ini toko sushi yang baru saya datengin kemaren dan rasanya enak banget. Jenis kaiten sushi, harga per piringnya kebanyakan 100yen (ada jenis tertentu yang lebih mahal juga si). Cabang-cabangnya bisa liat disini. List alerginya juga bisa diminta sama petugasnya, berlembar-lembar dan intimidating banget..haha.
Berdasarkan list alerginya, sepengetahuan saya, cukup banyak jenis sushi disini yang bisa dikonsumsi, termasuk yang dibakar-bakar, diminyaki, digoreng-goreng yang biasanya suka bermasalah di tempat sushi lain. Cuma tetep pastikan dulu ya, kayak takoyaki nya misalnya, ada babi nya.

update 20 oct 2015:

Berdasarkan penyelidikan disini, pembuatan sushi di kappa sushi menggunakan mirin dan alkohol. Silakan baca keterangan lengkapnya. 

2. Genki Sushi (元気寿司)
List alergi (web) : disini
Ini juga kaiten sushi dengan harga mulai dari 100yen per piring. Cabang-cabangnya bisa liat disini. List alergi juga bisa diminta sama petugas.
Dari list alergi, sepengetahuan saya, sebagian besar sushi disini bisa dikonsumsi, termasuk yang dibakar, goreng, minyak, dsb,

3. Kura Sushi (くら寿司)
List alergi (web, update terus) : disini
Ini juga kaiten sushi dengan harga mulai dari 100yen per piring. Cabang-cabangnya bisa liat disini. List alergi bisa diminta, dan berlembar-lembar..haha
Dari list alergi, sepengetahuan saya, hanya sushi mentah saja yang kebanyakan bisa kita konsumsi, sementara yang digoreng, diminyaki, rata-rata mengandung babi.

4. Sushiro (スシロー) List alergi (web, update terus) : disini
Ini juga kaiten sushi dengan harga mulai dari 100yen per piring. Sayangnya, kalo liat dari list alerginya, kudu ati-ati banget kalo makan disini, soalnya sebagian besar sushinya mengandung dedagingan (aneh ya, mungkin lebih ke prosesnya ato minyak2nya, gatau deh..heuheu).

5. Saizeriya (サイゼリヤ)
List alergi (web,update terus) : disini
Ini semacam resto itali gitu, banyak pizza, spageti dsb. Cabangnya banyak ada dimana mana (webnya ini).

6. Gasto (ガスト)
List alergi (web, 7item) : disini
Resto ini mirip kayak saizeriya, banyak pizza sama spageti juga. Cabangnya dimana-mana juga dan sering direkomendasikan orang-orang yang udah lama tinggal disini. Sayangnya, mereka cuma nyediain list alergi wajib yang cuma 7 itu doang, jadi ga terlalu berguna.

7. Sweet Paradise
List alergi (hasil foto) : disini
Ini toko kue makan sepuasnya :3. Harganya sekitar 1500 yen untuk 1 jam an. Cabangnya ada di beberapa tempat (bisa cek disini). List alerginya sebenernya bisa minta pas kita dateng.
Kalo susah ngidentifikasi list alerginya, ini saya udah berusaha nyortir pake gambar di webnya, biar lebih mudah identifikasinya..hehe. Oiya ada beberapa yang saya ga nemu di list alerginya, jadi ga saya tandain apa apa.
20140506_104916010_iOS 20140506_104951620_iOS 20140506_105017150_iOS 20140506_105213700_iOS

8. Ginza Corner
List alergi (hasil foto) : disini (saya tandain merah buat yang mengandung bahan yang diharamkan)
Ini toko kue juga (maaf ya, berhubung saya suka banget makan kue..hehe). Cabangnya banyak, tersebar dimana-mana, silakan liat disini. Tapi ini biasanya buat take out semua si, ga makan di tempat. List alerginya juga bisa diminta sebenernya sama petugasnya. Bahkan waktu itu, karena setelah dapet list alergi, saya masih bingung nyocok-nyocokinnya, akhirnya dibantu sama si mbaknya..hehehe. Oiya, enaknya lagi, di list alerginya juga ada kandungan alkohol, wah udah super mantep banget. Sebenernya, list alerginya bisa kita liat di web juga dengan ngeklik satu-satu deskripsi produknya (kayak ini), mereka nyediain list alergi 7 item sama 20 item.

Yak, segitu dulu, semoga bermanfaat🙂 Mudah-mudahan kalo ke tempat baru lagi, bisa saya update terus ini..hehe

3 thoughts on “Allergy List

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s