Amalan

Menjawab postingan galau saya sebelumnya : negligible, tentang sesuatu yang sangat kecil dan diabaikan, kemaren saya mendapat tausiyah yang rasanya mengena makjleb banget. Lupa sih redaksi pastinya kayak gimana, tapi intinya kuranglebih gini,

Jangan anggap remeh amalan yang kelihatannya kecil di mata kita atau di mata orang, karena bisa jadi itu bernilai amat besar di hadapan Allah ketika kita melakukannya dengan penuh ketulusan. Ingat kisah seseorang yang memberi minum anjing yang kehausan dan dengan itu Allah ampuni dosanya dan Allah masukkan ke surga

๐Ÿ˜ฅ

Daripada sibuk menggalau, menyesal, sebel dan mengutuk keadaan, lebih baik lakukan saja apapun yg bisa dilakukan, walaupun kecil, sambil terus menata hati biar bisa melakukan semuanya dengan tulus ikhlas, deshou?

———–

Habis googling, nemu redaksi hadits yang menceritakan tentang pemberi minum anjing itu, ada di riyadus shalihin ternyata.

ุจูŽูŠู’ู†ูŽู…ูŽุง ุฑูŽุฌูู„ูŒ ูŠูŽู…ู’ุดููŠ ุจูุทูŽุฑููŠู’ู‚ู ุงุดู’ุชูŽุฏูŽู‘ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ู’ุนูŽุทูŽุดูุŒ ููŽูˆูŽุฌูŽุฏูŽ ุจูุฆู’ุฑุงู‹ ููŽู†ุฒูŽู„ูŽ ูููŠู’ู‡ูŽุง ููŽุดูŽุฑูุจูŽุŒ ุซูู…ูŽู‘ ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ููŽุฅูุฐูŽุง ูƒูŽู„ู’ุจูŒ ูŠูŽู„ู’ู‡ูŽุซู ูŠูŽุฃู’ูƒูู„ู ุงู„ุซูŽู‘ุฑูŽู‰ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุทูŽุดูุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ู : ู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ุจูŽู„ูŽุบูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ูƒูŽู„ู’ุจู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุทูŽุดู ู…ูุซู’ู„ูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ูƒูŽุงู†ูŽ ู‚ูŽุฏู’ ุจูŽู„ูŽุบูŽ ู…ูู†ูู‘ูŠุŒ ููŽู†ูŽุฒูŽู„ูŽ ุงู„ู’ุจูุฆู’ุฑูŽ ููŽู…ูŽู„ูŽุฃูŽ ุฎูููŽู‘ู‡ู ู…ูŽุงุกู‹ ุซูู…ูŽู‘ ุฃูŽู…ู’ุณูŽูƒูŽู‡ู ุจููููŠู’ู‡ูุŒ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ุฑูŽู‚ููŠูŽ ููŽุณูŽู‚ูŽู‰ ุงู„ู’ูƒูŽู„ู’ุจูŽุŒ ููŽุดูŽูƒูŽุฑูŽ ุงู„ู„ูŽู‡ู ู„ูŽู‡ ููŽุบูŽููŽุฑูŽ ู„ูŽู‡.

ู‚ูŽุงู„ููˆุง: ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู’ู„ูŽ ุงู„ู„ูู‡ ุฅูู†ูŽู‘ ู„ูŽู†ูŽุง ูููŠ ุงู„ู’ุจูŽู‡ูŽุงุฆูู… ุฃูŽุฌู’ุฑุงู‹ ุŸ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ูููŠ ูƒูู„ูู‘ ูƒูŽุจูุฏู ุฑูŽุทู’ุจูŽุฉู ุฃูŽุฌู’ุฑูŒ .

Dari Abu Hurairah ra. lagi bahwa Rasulullah saw. bersabda:

Pada suatu ketika ada seorang laki-laki berjalan di suatu jalan, ia sangat kehausan, lalu ia menemukan sebuah sumur, kemudian turun di dalamnya lalu minum. Setelah itu iapun keluar. Tiba-tiba ada seekor anjing mengulur-ulurkan lidahnya sambil makan tanah karena hausnya, Orang itu berkata dalam hati; Sungguh anjing ini telah kehausan sebagaimana yang saya alami tadi. lapun turun lagi ke dalam sumur lalu memenuhi sepatu khufnya dengan air, kemudian memegang sepatu itu pada mulutnya, sehingga ia keluar dari sumur tadi, terus memberi minum pada anjing tersebut. Allah berterima kasih pada orang tadi dan memberikan pengampunan padanya.

Para sahabat bertanya: Ya Rasulullah, apakah sebenarnya kita juga memperoleh pahala dengan sebab memberi makan minum pada binatang?Beliau saw. menjawab:

Dalam setiap makhluk yang memiliki hati yang basah ada pahalanya.

(Muttafaq ‘alaih)

Dalam sebuah riwayat dari al-Bukhari disebutkan demikian: Allah lalu berterima kasih pada orang tersebut, kemudian memberikan pengampunan padanya, lalu memasukkannya ke dalam syurga. Dalam riwayat lain dari Bukhari dan Muslim disebutkan pula: Pada suatu ketika ada seekor anjing berputar-putar di sekitar sebuah sumur, hampir saja ia terbunuh oleh kehausan, tiba-tiba ada seseorang pezina – perempuan – dari golongan kaum pelacur Bani Israil melihatnya. Wanita itu lalu melepaskan sepatunya kemudian mengambilkan air untuk anjing tadi dan meminumkan air itu padanya, maka dengan perbuatannya itu diampunilah wanita tersebut.

Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari, hadis no. 168, 2190, 2286 dan 5550; Muslim, hadis no. 4162; Abu Daud, hadis no. 2187; Ahmad, hadis no. 8519, 10281 dan 10334.

Dikutip dari sini

9 thoughts on “Amalan

  1. Nice post.. pernah juga dikasih tau sama guru ngaji:

    amalan kecil kalo dikali faktor tak hingga = tak hingga.
    dosa besar kalo dibagi faktor tak hingga = nol
    amalan banyak kalo dikali nol = nol
    itu pas menjelaskan kenapa orang katanya masuk surga bukan karena amalnya, tapi karena rahmat Tuhan.. dan juga mengapa orang sholat bisa celaka..

      • “dosa besar kalo dibagi faktor tak hingga”
        ini maksudnya gimana fik? kok dibagi, ga dikali kayak yang lain..hehe *gapenting*

        iyaa, kayak ada sesuatu yang lebih daripada sekedar amalannya aja, yaitu, kalo setangkep awak si, aspek ketulusannya. mungkin manusia ga bisa ngeliat, tapi kan Allah Maha Tahu segala isi hati… >.<

      • barusan mau nulis komen malah jadi panjang ad wkwkwk. mungkin bs jadi post sendiri. itu yang dibagi maksudnya kalau kita dapat ampunan Tuhan, ya kita jadi suci lagi.. (analoginya) tentu semua ada rukun dan syaratnya agar bs meraih itu.

        oiya secara ajaib kemarin malam, lagi kumpul sama orang-orang pengajian.. dan ngebahas hadits ini juga haha

  2. Hadist ini menarik untuk direnungi ad, terutama yg pezina kok bisa bisanya masuk surga dengan mudah?

    Orang2 yg hatinya condong ama kemaksiatan, hanya ingin hidup bermaksiat, kemudian berharap pengampunan tiba tiba/ doorprize dari Allah, perlu berpikir lagi:
    Apakah ketika dia bermaksiat, datang kesempatan untuk dia bertaubat di saat yg tepat? Atau, mungkinkah org yg hatinya udh condong dengan kemaksiatan, memiliki willingness untuk melakukan amal yg sangat kecil nilainya itu tadi?

    Logikanya mirip2 dengan orang yg berpikir:
    Orang sukses biasanya DO kuliah, oleh karena itu DO kuliah adalah jalan menuju sukses..

    Cmiiw

    • tapi statement ‘DO kuliah adalah jalan menuju sukses’ itu nilainya relatif ga si Sli? soale ada beberapa orang yang kemampuannya emang lebih dari kuliah, jadi kayak buat dia tuh kuliah ya ga terlalu nambah apa-apa juga, hehehe dan wajar aja bisa sukses karena emang spektakuler atau kuliah emang bukan passion-nya karena dia yakin ada jalan yang lebih baik dibandingkan kuliah *trus maksudnya apa coba gue ngomong kayak gini*

    • maa nee…

      iyasi, itu bukan pembenaran buat berleha2 dan ngarep tetiba dapet doorprize.

      Penekanannya kalo menurut awak si lebih ke ngebangun aspek ketulusan dalam ngerjain suatu amalan, sekecil apapun amalannya.
      Kayak jangan turn back hati kita ketika ingin melakukan sesuatu yang baik dengan tulus hanya karna hal itu kayaknya kecil banget, karena bisa jadi itu yang jadi sebab ampunan Allah ke kita.. cmiiw

  3. Pingback: Tentang Pelacur Yang Masuk Surga | R

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s