Mengusir memori ghaib

*ini saya bukan mau ngomongin jin, anak indigo, trauma masa lalu, atau semacamnya ya..haha😆

Alkisah memori hape saya yang klaimnya sebesar 16GB mulai penuh (udah dari dulu sih sebenarnya). Awalnya pas ngontrak hape ini, saya pikir memori 16 GB itu ga akan abis2, “emang mau nyimpen apa di hape gede-gede amat?”, sehingga saya lebih memilih warna dibanding memori (waktu itu warna putih cuma ada yg 16GB, kalo warna item ada yang 32GB, harganya mirip2). Dari pengalaman-pengalaman saya memakai hape sebelumnya juga, memori 4 GB aja udah berasa lebih dari cukup.

Tapi zaman telah berubah, kawan! Kayaknya para developer aplikasi hape udah ga ngira-ngira lagi deh masalah ukuran app sama data nya. Aplikasi kamus jepang yg saya pake makan hampir 1GB, aplikasi chatting kalo ditotal bisa nyampe 2GB, dan aplikasi lain-lainnya yang ga kalah gedenya, blum lagi si OS hapenya. Padahal saya ga masukin game2 yg banyak lho (cuma 2, itupun cilik2 ukurannya), tapi tetep aja memorinya udah sekarat.

Salah satu yang makan memori gede banget adalah foto dan video. Aneh, padahal cuma ada 60an foto di hape saya (bisa dikit gitu karna saya udah nyinkron-in dengan OneDrive, jadi tiap kali ngejepret, langsung disimpen di cloud, dan yang di hape bisa saya hapus dengan tenang). Dan saya ga ada nyimpen video sama sekali, tapi memori yang dimakan sampe 2.4GB.
Gile aje, emang ukuran foto kamera hape doang bisa segede itu?
Saya udah mastiin juga folder “Recently deleted” (semacam recycle bin) buat foto-video ini kosong. Kemudian saya coba apus-apus beberapa foto, tapi ga ngurangin memorinya dengan signifikan juga. Berarti kan bukan ukuran fotonya yang gede kan.

Heumm, akhirnya saya cari-cari info ini di google. (oiya, hape yang saya pake iPhone 5 dengan iOS 8.1). Ternyata yang mengalami masalah memori ghaib di iPhone ini ga cuma saya doang. Ada juga mbak2 yang udah ngapusin semua file fotonya dan tetep aja masi makan memori 1.3GB. Utak atik forum sana sini, ada banyak solusi yang ditawarin tapi dari testimoni si empunya masalah kayaknya ga ada yang jalan (bahkan ada yg ngasih solusi yang ganti hape sekalian…haha yakalee).

Sampe akhirnya saya nemu solusi disini. Mereka menyebutnya “phantom picture”. Jadi kayak ada foto-foto yang terkurung di masa lalu gitu, yang ga bisa kita lihat sekarang. Baru bisa kita liat kalo tanggal hape kita dimundurin secara manual, mundur beberapa bulan misalnya. Pas kita set manual tanggal di hape kita mundur, di folder “recently deleted” nya bakal keliatan foto-foto yang ternyata masih bersemayam. Setelah saya hapus foto-foto ghaib ini, memori yang dipake foto dan video langsung turun dari 2.4GB jadi 373MB. Yeiy, alhamdulillah…

Nih saya kutip step nya dari forum yang tadi,

1.Go to Settings
2.Date & Time
3.Untoggle “Set Automatically”
4.Manually change the date back. For example, if today is March 15, 2015, choose August 1, 2014. (You can change it back once we’re done)
5.Close out of that
6.Open “Photos”
7.Select “Albums”
8.If, like me, you had already cleared out everything from the Camera Roll and “Recently Deleted” folder, you’ll smile to see that your “Recently Deleted” folder now has thousands of images back. Those are your phantom photos
9.Open it, “Select” and start deleting
10.Now, go back into Settings – General – Usage – Storage – Manage Storage – and you’ll notice your Photo & Camera is empty if you deleted everything

3 thoughts on “Mengusir memori ghaib

Leave a Reply

