Transfer uang dari jepang ke indonesia

Berhubung hari ini saya baru transfer uang dengan cara baru, jadi kepikiran buat nulis berbagai cara yang udah pernah saya cobain buat transfer uang dari jepang (dalam yen) ke indonesia (dalam rupiah). Oiya, saya hanya mahasiswa biasa yang nabung dari remah-remah beasiswa, jadi level pengiriman uangnya masih yang skala mikro..hahaha. Untuk yang mau ngirim duit triliyunan, gomen ne, kayaknya tulisan ini belum relevan (yakali ada orang khayaa yang baca (tersesat ke) blog ini..haha)

Sejauh yang saya ingat, ada 4 metode yang sudah pernah saya tempuh untuk ngirim uang ke indonesia selama dua tahun ini, mari diulas satu per satu.

1. BNI Tokyo

Pertama kali nyobain transfer ke indonesia, atas rekomendasi teman, saya lakukan via BNI tokyo. Waktu itu, saya datang langsung ke kantor BNI nya yang deket stasiun hibiya dengan bawa uang segepok (boong deng, beberapa lembar doang..haha). Untuk transfer langsung lewat bank ini, prosedurnya gampang banget, tinggal isi form kasih duit plus biaya pengirimannya. Oiya petugasnya juga bisa bahasa indonesia, jadi no worries at all (apalagi buat saya yang dulu belum bisa apa-apa *emang sekarang udah bisa apa?..haha). Biaya transfernya (kalo ga salah, dulu) 2000yen kalo ngirim dibawah 50.000yen, dan 4000yen diatasnya. Sekarang kayaknya udah berubah, bisa liat disini. Kursnya ngikutin kurs BNI yang kalau menurut saya, lumayan lah, ga terlalu bagus banget dan ga terlalu jelek banget.

Opsi ngedatengin bank langsung ini juga kelemahannya adalah berat di ongkos (karna saya tinggal lumayan jauh). Sebenarnya ada opsi transfer, dimana kita kayak bikin akun bni tokyo, ntar kita tinggal transfer ke akun itu untuk selanjutnya ditransferin ke rekening tujuan di indo yg kita daftarin. Biaya transfernya (kalo ga salah) kurang lebih sama saja. Saya udah sempet ambil formulirnya dulu, tapi ga ngisi2. Temen saya ada yang udah bikin, tapi kayaknya ga terlalu dia pake juga (sotoy).

2. Via Teman

Kadang-kadang, secara random suka ada temen yang butuh yen dan punya simpanan rupiah di bank nya di indo, atau ada temen yang emang bisnis transfer-transferan uang dari jepang ke indo, nah ini juga bisa (banget) jadi alternatif buat transfer duit. Enaknya via teman ini adalah, biasanya ga pake ongkos kirim (yang kalo lewat bank gitu kan mayan) dan kursnya biasanya lebih bagus dari BNI atau mentok-mentoknya sama (ato bahkan bisa di nego). Untuk metode ini yang dibutuhkan adalah kepercayaan..haha, makanya saya cuma mau sama temen yang sekampus aja, ato udah kenal banget, ato temen saya kenal banget sama dia, ato temennya temen saya (apasih..ngga ngga). Intinya kalo macem-macem terjadi apa-apa, orangnya kudu bisa kita trace.

Menurut saya, ini metode yang paling nyaman sih, ga perlu transport dan repot-repot plus bebas biaya transfer. Sayangnya, temen saya yang biasa bisnis transfer-transferan ini beberapa minggu yang lalu resmi menutup bisnisnya, dan teman-teman yang random lagi butuh yen juga kemunculannya tak jelas entah kapan..heu

3. Bawa pulang ke indo, tukar di money changer

Haha..metode ini rada ekstrim sih, tapi pernah saya cobain juga. Sekalian pulang liburan soalnya, kalo pulang cuma buat nuker duit doang mah ajegile. Metodenya sangat reliable karena dilakukan oleh diri sendiri. Waktu itu saya bawa uang yen dalam amplop tipis, terus nuker di moneychanger jakarta dan jadilah tebal amplopnya..hahaha, luar biasa emang si rupiah. Oiya, moneychanger yang kursnya paling bagus setahu saya adalah VIP di jakarta (link) atau GMC di bandung (link).

4. Brastelremit

Nah ini metode transfer baru yang saya cobain hari ini. Sebenernya mirip kayak lewat BNI yg pake akun, cuma biayanya jauh lebih murah. Untuk bisa make layanannya kita kudu daftar dulu. Tapi semua prosesnya online kok, jadi gampang banget. Plus lagi, websitenya udah full bahasa inggris, jadi ga ngebingungin. Websitenya ini.

Pertama bikin akun dulu online, terus nanti tunggu 1-3 hari ada surat dateng yang berisi ID sama password kita. Udah punya ID sama password, kita daftarin bank tujuan kita dan cara transfernya (bisa lewat JP Post atau Mizuho). Tunggu 1-3 hari lagi, ntar dateng kayak kartu ATM buat depositin uang kita kalo mau transfer. Dan kita udah resmi bisa transfer lewat ATM standar (petunjuknya dikasih sekalian, pake gambar pula, jadi super ga ngebingungin banget).

Saya nyobain transfer sekitar jam 11.30, jam 12 an uangnya udah masuk di rekening indo saya..hehe. Buat cek kurs dan biaya-biayaya, di websitenya ada simulatornya.

—–

Selain 4 metode yang saya tulisin ini, saya yakin masih banyak cara lainnya lagi sih, cuma berhubung belum saya coba, masa mau sotoy..haha

Oiya, sekedar saran, kalo mau pergi-pergi ke luar negeri dalam jangka waktu lama, mending aktifin fitur internet banking buat bank-banknya yang di indo, soalnya bakal berguna banget. Kalo mau transfer dari luar kan bisa di transfer ke rekening kita dulu, terus baru deh didistribusikan kesana sini sesuai kebutuhan. Internet bankingnya juga cari yang pake token kayak kalkulator itu, jadi bisa kita bawa juga. Sebagian bank soalnya pake token nya lewat sms hape (inikan repot banget, nomor hape indo sering banget hangus tanpa disadari pas ke LN).

Dah, itu aja, mudah-mudahan ada gunanya ya..๐Ÿ˜€

 

10 thoughts on “Transfer uang dari jepang ke indonesia

  1. Kalo di singapore suka ada pihak ketiga (bukan teman) yang memang punya jasa kayak gitu bisa dihubungi via ym. Agak serem sih, kitanya suruh transfer ke rekening SGD dia.. nanti dia akan transfer ke BCA pake kurs rate tengahnya..

    Tapi beberapa orang memanfaatkan jasa ini heuheu

  2. Ada lagi yg populer yaitu KYODAI Remittance. Ini sistemnya sama kayak Brastelremit. Registrasi (download berkas via internet, isi dan lengkapi syarat, kirim), trus nanti datang kartunya. Transfernya via japanpost. Kyodai ini ada Kyodai Indonesia, staf2 nya orang Indonesia, ada forumnya juga di FB, jadi kalau ada pertanyaan atau komplen2 bisa ditanyakan di sana. Saya sama suami pakai itu. So far ga ada masalah. ^_^

Leave a Reply

