Gigi – Sekelumit tentang dental klinik di Jepang

Akhirnya, untuk pertama kalinya, saya mampir juga ke klinik gigi di jepang. Sebenarnya udah dari dulu pengen nyobain sih, buat ngecek2 aja sama mungkin scaling, tapi ga pernah kongkrit2. Hingga akhirnya gigi saya yg dulu pernah ditambal mulai menunjukkan gejala yg tidak menyenangkan.
Untungnya, di dekat kampus saya ada klinik gigi, dan denger2 dokternya juga bisa berbahasa inggris. Tanpa mikir kelamaan, langsunglah saya kesana.

Pertama-tama disambut resepsionisnya, yg sayangnya ga bisa berbahasa inggris. Untung prosedurnya ga ribet, cuma dengan menyebut dua kata kunci: “ha ga itai” (gigi sakit) dan “hajimete” (pertama kali kesini), lalu dikasih formulir yg berbahasa inggris, isi, dan duduk manis tunggu dipanggil.

Ketemu dokternya, dan beneran dokternya bisa berbahasa inggris dengan bagus banget dan mudah dimengerti, Alhamdulillah. Saya jelasin lah masalah saya, dan saya pun menyadari ternyata kosakata bahasa inggris saya jelek banget buat istilah2 medis gini, akhirnya pake istilah2 umum, untung dokternya ngerti. (Sampe sekarang masih gatau, apa bahasa inggrisnya “Tambal gigi” ya? tadi cuma bilang “fill”-“hole” doang..wkwk). Abis ngedengerin dan meriksa gigi saya, pak dokternya pun ngejelasin masalahnya dan rencana treatment yg mau dia lakuin. Pake gambar2 ilustrasi juga biar saya bener2 ngerti..aaakkk terharu (udah prosedurnya kali..haha). Dia bilang, semua prosedurnya ke cover sama asuransi, jadi harusnya ga akan mahal.

Karena sudah terpesona dengan penjelasannya (apacoba), saya pun langsung mengiyakan. Prosedurnya ga bisa sekali beres, jadi saya nanti kudu balik lagi kesana beberapa kali.

Dan untuk hari ini, biayanya adalahhh 2.300¥ saudara-saudara! Murah banget kan? *kedipkedipmata*. Beda sih standarnya emang (saya masih mahasiswa, Pak..T.T). Itu ngecover rontgen gigi, ngebongkar pasang tambalan, treatment saraf gigi, sama obat pain killer. (Bayangin kalo ga kecover asuransi berarti jadi 3x lipatnya). Semoga yg bikin mahal si rontgen nya, jadi ntar2 pas kesana lagi lebih murah.

———
Akhirnya saya coba terjemahin receipt nya (CMIIW). Jadi rincian biayanya adalah:
初.再診料 (periksa) : 2340
画像診断 (rontgen) : 4020
投薬 (obat) : 610
処置 (treatment?) : 340
麻酔 (anestesi) : 340
Total : 7650. Asuransi (diskon 70%) jadilah bayar 2300 yen.

——–
Update 6 September

Kunjungan kedua ke dokter gigi. Jadi kan masalah gigi saya itu sebenarnya adalah si tambalan yang lama ada gap dengan giginya. Berhubung bolongnya udah gede banget, Pak Dokternya menyarankan buat matiin si saraf gigi itu sebelum nambal lagi, root canal treatment namanya. Ya intinya biar tar ga sakit2 lagi giginya. Nah si proses ini emang gabisa sekali jadi, kudu bolakbalik beberapa kali. Hari ini, tambalan sementara kemaren dilepas, trus dokternya ngasih obat2 gitu lah ke gigi saya, trus ditambal lagi. Sekitar 30 menitan. Katanya perlu 2 kali kunjungan lagi buat ngeberesin.

Saya kira biayanya bakal murah kan, secara ga ada rontgen gigi, tapi ternyata masih mahal banget..huwaaa.. Ini rinciannya.
初.再診料 (periksa) : 460
処置 (treatment?) : 5880
Total : 6340. Asuransi (diskon 70%) jadilah bayar 1900 yen.
*kenapa treatmentnya jadi mahal bangettt T.T, padahal kemaren cuma beberapa ratus yen..heuheu

——————–
Update 13 September 2016
Kunjungan ketiga, kali ini prosedurnya masih sama dengan kunjungan kedua. Bongkar tambalan, treatment root canal, sama pasang tambalannya lagi. Katanya 2 dari 3 akar gigi saya udah sukses, tinggal yg satu lagi, masih butuh satu pertemuan lagi buat beresinnya. Selain itu, entah kenapa hari ini dapet scaling juga (bayar lebih deh T.T), tapi mengingat ini emang udah saya pengenin sejak dulu kala, maa, yaudahlahyaa. Rincian biaya hari ini:
初.再診料 (periksa) : 460
処置 (treatment?) : 1120
検査 : 2000 (curiga ini yang scaling deh)
Total : 3580. Asuransi (diskon 70%) jadilah bayar 1070 yen.

——————–
Update 20 September 2016
Kunjungan keempat, kali ini harusnya finishing treatment root canal. Tapi karna gigi saya masih ngerasa sakit pas diubek2, jadilah saya di bius. Beres treatment, disuruh rontgen lagi buat mastiin. Yg di rontgen tapi cuma bagian gigi itu doang, ga keseluruhannya. Pertemuan berikutnya katanya mau bikin mahkota gigi saya (karna udah hancur parah..heu ~_~)
Rincian biaya hari ini:
初.再診料 (periksa) : 460
処置 (treatment?) : 3100
検査 : 600
画像診断 (rontgen) : 480
Total : 4640. Asuransi (diskon 70%) jadilah bayar 1390 yen.
*untung rontgennya ga semahal yg pertama.. hadeuu bisa bangkrut juga ini ke dokter gigi

—————
Update 4 Oktober 2016 : Kunjungan kelima

Kali ini gigi saya dibikin modelnya, biar nanti bisa dibuatin mahkota baru. Buat dapetin modelnya, semacam gel yg bisa mengeras ditempelin ke gigi saya, dan jadilah bentuk gigi saya kecetak disana. Selebihnya cuma bongkar pasang tambalan sementara. Pertemuan berikutnya katanya tambalan saya mau dibikin permanen pake metal (entah kenapa ga sekalian hari ini aja ~_~). Rincian biaya hari ini:
初.再診料 (periksa) : 460
医学管理等 : 1000
歯冠修復及び欠損補綴 (restorasi) : 300
Total : 1760. Asuransi (diskon 70%) jadilah bayar 530 yen.

—————
Update 14 Oktober 2016 : Kunjungan keenam

Seperti yang direncanakan sebelumnya, hari ini tambalan dibikin permanen. Saya baru ngeh kenapa ga bisa dikerjain sekalian kemaren, karena ternyata perlu dibikin dulu si “metal core” nya ini. Hari ini cuma nambal itu duang sih, trus ada ambil model gigi saya lagi dengan teknik yang sama kayak kemaren.
*dan sekarang gigi saya berwarna silver shiny kayak gigi nenek2..wkwkwk
Biaya hari ini (mahal lagi T.T)
初.再診料 (periksa) : 460
歯冠修復及び欠損補綴 (restorasi) : 5150
Total : 5610. Asuransi (diskon 70%) jadilah bayar 1680 yen.
*yappari bisa abis ichiman juga buat satu gigi ini ~_~

—————
Update 25 Oktober 2016 : Kunjungan ketujuh

Mahkota gigi saya udah jadi dan siap dipasang. Warnanya silver shiny dong ~_~. Kata pak dokternya kalo mau bikin warna putih ga kecover asuransi, dan biayanya sekitar 70rb yen (mamam!). Yah, akhirnya saya pun pasrah, dan jadilah mulai sekarang saya punya senyum berkilau (ga keliatan juga sih sebenernya, gigi geraham belakang banget soalnya..haha). Katanya juga, bisa dilepas dan diganti yang putih nanti kalo berubah pikiran, dan mungkin bikin di indonesia lebih murah…maa ikkaa..
Beres pasang, siap2 mau bayar, dan….MAHAL! Tiga ribuan yen. Dan dengan polosnya saya gabawa duit lebih dong ~_~. Bayar pake cc juga ga bisa, sampe akhirnya ditalangin dokternya dulu (doh!). Maluuuu
*gabisa bikin detail pembayaran gegara receiptnya ga dikasih (yaiyalah bayar aja belom). 
Akhirnya udah bayar, rincian biaya:
初.再診料 (periksa) : 460
歯冠修復及び欠損補綴 (restorasi) : 10360
Total : 10820. Asuransi (diskon 70%) jadilah bayar 3250 yen.

————
Update 4 November 2016 : Kunjungan-8

Hari ini cuma checkup sama konsultasi biasa aja. Jadi gigi besi saya kemaren kadang-kadang masih kerasa nyeri kalo dipake ngunyah dan kalo bersentuhan sama yang panas-panas. Pa dokternya ngebersihin area sekitar gigi itu, trus ngasih obat. Katanya beberapa minggu lagi bakal lebih baik. Dia juga bilang, kalo sikat gigi, pastiin bagian ini (nunjuk salah satu bagian gigi) juga ikut kesikat. Kalo bahasa gampangnya sih “lo sikat gigi yang bersih dong!” wkwkwk. Masalah berikutnya adalah : beberapa gigi saya ada yang bolong2 kecil dikit ada baiknya ditambal, sama masalah wisdom tooth heu. Yang wisdom tooth tapi dia bilang posisinya agak sulit, jadi dia gabisa operasi di klinik, kalo mau, dirujuk ke rumah sakit sama ahli bedah beneran…aaaakkk >.<
Rincian hari ini:
初.再診料 (periksa) : 460
処置 (treatment?) : 660
Total : 1120. Asuransi (diskon 70%) jadilah bayar 340 yen.

————
Update 15 November 2016 : Kunjungan-9

Hari ini nambal salah satu (diantara sekian banyak) gigi saya yang bermasalah (doh!). Cuma satu, iya cuma satu. Ga ngerti juga kenapa ga ditambal semuanya sekalian (kenapa ga ditanya -_-“). Mungkin emang kudu satu-satu, ato mungkin karna pasiennya ada banyak, mungkin…. Bulan depan, saya kudu kesana lagi buat nambal gigi yang lain…hahha *gaberes beres*
Rincian hari ini:
初.再診料 (periksa) : 460
歯冠修復及び欠損補綴 (restorasi) :3090
Total : 3550. Asuransi (diskon 70%) jadilah bayar 1070 yen.


5 thoughts on “Gigi – Sekelumit tentang dental klinik di Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s