Review singkat(?) Garuda Indonesia Rute Domestik

*makin banyak aja tulisan saya tentang review airlines..gapapa, demi popularitas blog..wkwkwk (yakali ada yg baca😛 )
Bagi yang mau ngebaca review maskapai lainnya, douzo : Phillipine Airlines, Asiana Airlines

Sebenarnya ini bukan kali pertama saya naik maskapai garuda, tapi baru niat nulisnya sekarang.
Dari dulu, rute domestik garuda memang terkenal elit, dan elit = mahal haha, karena itu saya emang ga terlalu sering naik garuda, kecuali kalo secara random tiketnya jadi murah (jarang banget sih, tapi peluang itu tetap ada), ato ada yg secara heroik ngebeliin saya tiket..haha

Tersebutlah hari ini (seminggu yang lalu red.) saya ke jakarta naik maskapai ini. Ingin tahu kisahnya? (ad, geuleuh ad!)

Rute : Jambi (DJB) – Jakarta (CGK) – PP
Tanggal : Agustus 2016

Preliminary

Saya tetiba dibeliin sih tiketnya, jadi ga ada survey apa-apa langsung terima jadi..wkwk *rejeki anak soleh*

Tapi biasanya, kalo untuk rute domestik, saya liat di utiket atau traveloka, tapi beli tiketnya online langsung ke website maskapai, ato dateng ke travel agent. (entah kenapa masih belum merasa nyaman dengan transaksi online pihak ketiga)

Sultan Thaha Airport (DJB)
Sejak tahun kemaren, bandara baru jambi dibuka (akhirnyaa *terharu bombay*). Katanya sih mau dijadiin bandara internasional, tapi kayaknya sampe sekarang belum ada penerbangan internasional..haha. Tapi rute domestiknya nambah, yg dulu cuma ada dari/ke Jakarta sama batam, sekarang nambah pekanbaru sama palembang.

Overall bandaranya bagus, bersih dan rapi (yaiyalah masih baru, coba tar liat lagi beberapa tahun kemudian *pesimis*). Saya juga suka desain ukir-ukiran di luarnya, kesannya otentik tapi tetap modern. Saya belum sempat eksplor bandaranya sih, jadi belum tau kelengkapan toko-tokonya, nanti deh. Kalo landasan terbangnya, kayaknya masih pake yg lama, masih minimalis dan cuma ada satu…haha

Tempat ambil bagasi – foto sendiri

Bandara baru tampak luar, keren kan. Sumber : http://img1.beritasatu.com/data/media/images/large/1464187360.jpg

Bandara baru tampak luar, keren kan.
Sumber : http://img1.beritasatu.com/data/media/images/large/1464187360.jpg

DJB – CGK

Pesawat saya berangkat pukul 6 pagi (iya, 6 pagi!). Disaat yg sama juga ada penerbangan li*n a*r untuk rute yg sama. Penumpang li*n a*r udah dipanggil untuk boarding terlebih dahulu, 10 menit kemudian baru yg penumpang Garuda diminta boarding. Tapi, yg garuda ternyata lepas landas lebih dulu dong…wkwkwk (maskapai sebelah udah kayak anak tiri aja ckckck).

Pesawat yg saya naiki tipe Boeing 737-800. Yang bikin saya cukup siyok adalah, udah ada inflight entertainment nya! (Itu, si tipi di masing2 kursi). Dan isinya filem2 indonesia yg belum pernah saya tonton semua. Sayang penerbangannya cuma 1jam lebih dikit, jadi saya ga beres nonton filemnya, nanggung T.T

Snack + Inflight Entertainment

Di atas pesawat dapat permen (pas mau lepas landas), snack isi roti+tahu isi+air mineral, sama minuman. Dan awak kabin garuda, emang super ramah sih. Ga salah maskapai ini pernah dapat best cabin crew. Dari cara dia ngasih kita snack/minuman aja udah keliatan ramahnya.

Terminal 3 Ultimate – Bandara Soekarno Hatta (CGK)

Awal bulan agustus (lupa tanggal pastinya berapa), semua penerbangan domestik garuda pindah ke terminal baru, terminal 3 ultimate. Dari luar, terminal ini udah keliatan bagus, kayak bandara2 mainstream di luar negeri, dominan kaca. Tapi saya ga terlalu ngerasain ada ke-khas-an nya sih, lebih suka bandara jambi. Sayangnya bandara ini belum 100% beroperasi, setengahnya masih dalam proses pengerjaan. Restoran keliatannya juga masih dikit banget (ga nemu kfc..wkwk). Oiya, troli nya udah yg pake rem (kudu diteken kebawah pegangannya kalo mau jalan)..haha *penting*


Counter check in nya banyak

Tiga hari kemudian saya balik lagi ke bandara ini, buat pulang ke jambi. Di area keberangkatan, counter checkin nya ada banyak, dan susunannya juga mirip2 bandara mainstream di luar negeri. Ada komputer juga beberapa yg kayaknya buat self check in, tapi masih belum beroperasi. Masih cukup banyak area-area yg ditutup karna masih dalam proses pengerjaan. Ada minimarket, sama sedikit restoran. Free wifi bandara cukup terasa lancar. Yang asik adalah di dalam ruang tunggunya karna ada kursi yg bisa dipake buat tidur (jauh2 ke bandara cuma buat tidur..wkwk). Jadi kalo waktu berangkatnya masih lama, mending langsung masuk ruang tunggu aja, trus tiduran deh. Karena restoran masih terbatas (plus harganya juga mahal2), sangat disarankan bawa makanan sendiri aja dari luar, kecuali kalo punya akses ke lounge2 yg ada disana. Mushalla di ruang tunggunya juga gede banget, dan ada shower room juga (bayar sih kayaknya).

 

Saat boarding ke pesawat ternyata kami digiring untuk naik bus, dan bus nya nganterin ke terminal 2 dong. Ya, pesawatnya ada di terminal 2, demi apa! Hahaha.. Terminal 3 ultimate pun terasa hanya menjadi formalitas belaka.

CGK – DJB
Pesawat yg digunakan sama, dan standar pelayanannya juga sama. Saya ngelanjutin nonton film yg kepotong kemaren sampe beres (ga beres juga sih sebenernya, saya skip2). Harusnya ga usah saya lanjutin sih, dari awal juga sebenernya udah kerasa elbay bgt, tipikal filem indo ~_~. Ga perlu direview lah ya filmnya, tar isinya kutukan semua..wkwkwk
Singkat cerita, sampailah saya di jambi kembali dengan selamat, Alhamdulillah🙂

Summary
Garuda emang juaranya sih kalo untuk penerbangan domestik. Pesawat bagus, dapet snack, awak kabin ramah, dan kalo ada masalah apa-apa (kayak waktu kabut asap tahun lalu) proses pindah flightnya itu gampang banget dan tanpa tambahan biaya (beda banget lah pokoknya sama maskapai sebelah yang kudu cancel dulu trus beli baru, mana duitnya baru balik 2 bulan setelahnya -__-“).
Apalagi sekarang ditambah dengan inflight entertainment didalamnya (walopun nanggung juga sih, penerbangannya kan singkat2..haha). Tapi semuanya harus dibayar dengan harga tiket yg lebih tinggi. Ada uang ada barang😐

3 thoughts on “Review singkat(?) Garuda Indonesia Rute Domestik

  1. Pingback: Review singkat(?) Philippine Airlines | an afterthought

Leave a Reply

